Rahmani, Rezma Hadi (2010) Analisis pengukuran kinerja organisasi nirlaba dengan metode Balanced Scorecard: Studi pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06610033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pengukuran kinerja merupakan salah satu factor yang penting dalam perusahaan yaitu untuk menilai keberhasilan perusahaan. Kinerja perusahaan merupakan sesuatu yang dihasilkan perusahaan dalam periode tertentu dengan mengacu kepada standar yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut. Kinerja perusahaan hendaknya merupakan hasil yang dapat diukur yang menggambarkan keadaan perusahaan yang sebenarnya.
Pada awalnya balanced scorecard digunakan oleh organisasi laba atau perusahaan, tetapi pada perkembangannya balanced scorecard juga digunakan pada organisasi nirlaba. Tentu saja perubahan-perubahan ini membutuhkan penyesuaian dari konsep asli balanced scorecard. Pada organisasi laba perspektif finansial merupakan tujuan akhir, sedang pada organisasi nirlaba kepuasan pelanggan merupakan tujuan akhir. Maka balanced scorecard yang hendak diaplikasikan harus disesuaikan dengan karakteristik organisasi nirlaba tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah time series analysis untuk mengetahui kinerja perusahaan. Perbandingan antara hasil tolak ukur yang dicapai saat ini dengan masa sebelumnya akan memperlihatkan apakah organisasi mengalami kemajuan atau kemunduran dan perkembangan organisasi akan dapat dilihat pada tren dari tahun ke tahun
Hasil pengukuran kinerja Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dengan metode balanced scorecard kinerja organisasi dikatakan baik. Dilihat dari perspektif keuangan baik dilihat dari universitas ini berpeluang mendapatkan dana dari Islamic development bank (IBD), kinerja dari perspektif pelanggan melalui kepuasan mahasiswa yang terlihat dari mahasiswa puas akan kinerja dosen. Perspektif proses bisnis internal juga cukup baik dilihat dengan semakin banyaknya kualifikasi dosen dengan pendidikan doktor dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan juga baik dengan rendahnya retensi pegawai.
ABSTRACT
Performance measurement is one important factor in the company used to assess the company’s success. Company's performance is something the company has produced in a given period by reference to the standards set by the company. Company's performance should be measurable results that describe the actual state of the company.
Balanced scorecard was originally used by the organization or company's profits, but the balanced scorecard development is also used in non-profit organization. Of course, these changes will require adjustments from the original concept of balanced scorecard. At profit organizations, financial perspective is the ultimate goal, while of a non-profit organizations customer satisfaction is the ultimate goal. So, balanced scorecard applied should be adjusted to the characteristics of these nonprofit organizations.
The research method used in this study is time series analysis to determine the company's performance. Comparisons between the results achieved as benchmark current and those at the previous period will show whether the organization's progress or decline and organizational development will be seen in trends from year to year.
The result of performance measurement at Maulana Ibrahim Malik State Islamic University of Malang with balanced scorecard method of performance of both organizations is good. Viewed from the financial perspective the university likely to gain funding from the Islamic Development Bank (IBD). The performance from the perspective of the customer through the student satisfaction shows that the students seemed satisfied with the performance of lecturers. Internal business process perspective is also quite good seen as more qualified faculty with doctoral education. The learning and growth perspective are also good with the low retention of employees.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Usri, Abdul Kadir | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kinerja; Organisasi Nirlaba; Balanced scorecard; Performance; Nonprofit organization; Balanced Scorecard | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:44 | ||||||
Last Modified: | 11 May 2023 13:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44553 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |