Responsive Banner

Pelaksanaan saluran Distribusi yang Efektif dalam upaya peningkatan volume penjualan pada Perusahaan Kripik Tempe Abadi Malang

Fatich, Achmad (2008) Pelaksanaan saluran Distribusi yang Efektif dalam upaya peningkatan volume penjualan pada Perusahaan Kripik Tempe Abadi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
02220095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (737kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Salah satu masalah yang ada di bidang pemasaran adalah masalah saluran distribusi. Saluran distribusi mempunyai arti penting untuk mencapai sukses suatu perusahaan dibidang pemasaran. Barang akan sampai ke tangan konsumen melalaui saluran distribusi, baik saluran langsung ataupun tidak langsung. Penelitian ini dilakukan di perusahaan kripik tempe “Abadi" Malang jalan Ciliwung No. 23 D Malang. Penelitian yang dilakukan di perusahaan kripik tempe “Abadi" Malang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan saluran distribusi yang efektif yang di pakai oleh perusahaan dan juga hasil dari pelaksanaan saluran distribusi.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Adapun langkah langkah analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan deviasi. Deviasi digunakan untuk mengetahui seberapa besar penyimpangan yang ada antara target yang hendak dicapai dengan realisasi yang berhasil diwujudkan.

Dari analisis deskriptif berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di perusahaan, distribusi yang di pakai oleh perusahaan kripik tempe “Abadi” Malang menggunakan distribusi langsung dari produsen ke konsumen dan dari produsen ke pengecer ke konsumen hal ini karena menggunakan saluran distribusi ini lebih menguntungkan dari pada saluran menggunakan saluran distribusi dari produsen ke agen ke pengecer ke konsumen. Sedangkan dari hasil penjualan dengan meningkatnya prosentase diikuti menurunnya volume penjualan mengakibatkan terjadinya penumpukan barang, sehingga untuk meramalkan penjualan ditahun berikutnya akan mengalami kesulitan. Peramalan penjualan yang tidak menentu seperti meramalkan penjualan yang terlalu tinggi resikonya adalah terjadinya penumpukan stok barang yang terlalu tinggi karena produk ini hanya bisa bertahan sekitar 3-4 bulan, bagitu pula sebaliknya peramalan yang terlalu rendah akan berakibat sulitnya perusahaan dalam memenuhi permintaan penjualan karena perusahaan dalam memproduksi barang sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

ABSTRACT

One of problems in marketing is distribution flow. Distribution flow has significant role to achieve a success marketing in a corporation. Products will be, finally, on the consumer’s hand, through distribution flow, whether direct or indirect. This research had been conducted in a Kripik Tempe Corporation “Abadi” Malang, Jalan Ciliwung no 23 D Malang. The purpose of the reseach is to know the implementation of an effective distribution flow applied by the corporation and the outcome of it.

The method of this research is descriptive analysis. Moreover, the steps of data analysis in this research are descriptive analysis and deviation. Deviation is used to comprehend the high of divergence may exist among final target through implemented realization.

Based on this descriptive analytical research conducted in the corporation, the distribution conducted by Kripik Tempe Corporation “Abadi” Malang is using direct distribution from wholesalers to consumers and from wholesalers to retailers then to consumers. This is because using direct distribution gives more benefit rather than using indirect distribution from wholesalers to agents to retailers then to consumers. Whereas, from the selling outcome shown by increasing of percentage followed by decreasing selling volume causes goods hoarding, thus, it is difficult to foresee the market expectation in the next year. Indeterminate market expectation like foreseeing a high-risk marketing is goods hoarding because this product has only 3 – 4 months. Durable conversely, too low expectation will make difficult for the manufacturer to fulfill the demand of the market because the corporation manufacture goods in a fixed target.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rozi, M. Fatkhur
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDRozi, M. FatkhurUNSPECIFIED
Keywords: Saluran Distribusi; Efektif; Volume Penjualan; Distribution Flow; Effective; Selling Volume
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 18 Jan 2023 14:44
Last Modified: 18 Jan 2023 14:44
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44547

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item