Surur, Miftahus (2009) Hubungan antara sikap karyawan terhadap sistem manajemen mutu ISO Seri 9001:2000 dengan produktivitas kerja di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05410056.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sikap karyawan dalam suatu instansi atau organisasi sangat penting diperhatikan. Dengan mengetahui sikap karyawan, seorang pimpinan atau atasan dapat menilai karyawannya dalam melaksanakan pekerjaanya. Adanya perhatian tentang sikap karyawan juga tidak terlepas dari sistem manajemen yang diterapkan pada instansi atau organisasi tersebut, sehingga fungsi manajemen benar-benar mampu menggerakkan seluruh aktivitas di instansi atau organisasi dengan baik. Pengelolan karyawan secara tepat dan maksimal oleh manajemen akan memberikan hasil yang baik bagi perkembangan instansi atau organisasi, salah satu harapannya adalah dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan.
Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaiman sikap karyawan terhadap sistem manajemen mutu ISO seri 9001:2000, bagaimana produktivitas kerja di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan bagaimana hubungan antara sikap karyawan terhadap sistem manajemen mutu ISO seri 9001:2000 dengan produktivitas kerja di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap karyawan terhadap sistem manajemen mutu ISO seri 9001:2000, mengetahui produktivitas kerja di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan untuk mengetahui hubungan antara sikap karyawan terhadap sistem manajemen mutu ISO seri 9001:2000 dengan produktivitas kerja di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 100 orang karyawan di UIN Maulana Malik Ibrahim dan pengambilan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis dengan Product Moment Correlation dari Pearson dan untuk uji validitas dan realibilitas peneliti memakai rumus Alpha Cronbach dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 15,0 for Windows.
Berdasarkan analisa penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: pada variabel sikap karyawan terhadap sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, yakni 21% karyawan dengan sikap positif pada kategori tinggi, 62% karyawan dengan sikap dalam kategori sedang dan 17% karyawan dengan sikap negatif dalam kategori rendah. Sedangkan pada varibel produktivitas kerja yakni karyawan dengan produktivitas tinggi sebesar 14%, karyawan dengan produktivitas sedang sebesar 70%, dan karyawan dengan produktivitas rendah sebesar 16%. Pada hasil analisa uji hipotesis diperoleh hubungan signifikan yakni sebesar 0,980 atau rxy = 0,980 ; sig = 0,000 < 0,05. Dengan demikian semakin positif sikap karyawan terhadap sistem manajemen mutu ISO seri 9001:2000 di UIN Maliki Malang maka semakin tinggi produktivitas kerjanya.
ABSTRACT
The employee attitude in an organizations or an institutions is important to be paid attention. By recognizing the employee attitudes, a leader or the high function can be assist their employee during the work operation. The attention to the employee attitude can also not be released from the management system that is employed in that institution or organization, so that the management function is really able to set a going the entire activities in that institution or organization as well as possible. The management to the employee done appropriately and maximally by that management employed will give the best result for the improvement of that institution and organization, one of their hope is that they can increase the work productivity of the employee.
Therefore, the problem question of this research is: how the employee attitude toward the Quality Management System ISO 9001: 2000 is, how the work productivity in Maulana Malik Ibrahim Islamic State University of Malang is, and how the relationship between the employee attitude toward the Quality Management System ISO 9001: 2000 with the work productivity in Maulana Malik Ibrahim Islamic State University of Malang is.
The research design that is used is quantitative research. While sample that is used in this research is 100 employees in Maulana Malik Ibrahim Islamic State University of Malang, then the data are collected by using questionnaire method, interview, observation, and documentation. In addition, the management data is analyzed by Product Moment Correlation from Pearson and for validation and the reliability test, the researcher employs the formula of Alpha Cronbach by using computer support SPSS 15.0 for windows programme.
Based the result of this research, it is known that: to the variable of the employee attitude toward Quality Management System ISO 9001: 2000, there are 21% employees who has a positive attitude in high categorized, 62% employees in the middle categorized of their attitude, and 17% employees with a negative attitude in low categorized. Whereas for the variable of work productivity, there are 14% employees with high productivity, 70% employees in average productivity, and 16% employees who has low productivity. On the hypothesa test analysis result, it is gained that there is a significant relationship; that is 0.980 or rxy = 0.980 ; sig = 0.000 < 0.05. Thus, more positive the employee attitude toward the Quality Management System ISO 9001: 2000 in UIN Maliki Malang, then the higher their work productivity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sa'diyah, Elok Halimatus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sikap; Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000; Produktivitas Kerja; Attitude; Quality Management System ISO 9001: 2000; Work Productivity | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:23 | ||||||
Last Modified: | 31 Mar 2023 09:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44515 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |