Nurudin, Nurudin (2007) Analisa Bisnis Jaringan Multi Level Marketing (MLM) Syariah terhadap kebebasan Finansial Distributor pada PT. Ahad Net Internasional (Ahad-Net) Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fultext)
01220051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (856kB) |
Abstract
ABSTRAK
Jaringan adalah kata kunci yang harus benar-benar dipahami oleh siapapun yang ingin sukses dalam hidup ini. Orang-orang sukses ternyata adalah mereka yang berhasil mencari dan membangun jaringan. Dalam khazanah Islam, kita mengenal istilah silaturahmi untuk maksud yang sama. Adalah Multi Level Marketing (MLM), salah satu bisnis yang memanfaatkan sistem jaringan, yaitu sistem pemasaran jaringan. Dalam penelitian ini, yang akan di analisa adalah bisnis jaringan MLM Syariah sebagai praktek nyata dari kegiatan bisnis jaringan. Dimana, banyak yang menganggap MLM sebagai cara terbaik untuk mendapatkan finansial, dan merupakan terobosan yang akan memberikan banyak “peluang” bagi yang menekuninya. Peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar secara cepat, serta merupakan cara untuk bebas secara finansial.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana bisnis jaringan MLM Syariah yang meliputi, perekrutan anggota baru (jenjang atau level) (X1), Sistem pendidikan dan pelatihan (X2), penjualan produk (X3), serta komisi dan bonus (X4) dapat berpengaruh terhadap kebebasan finansial (Y) distributor Ahad-Net. Untuk itu diperlukan penelitian survey dengan jenis penelitian explanatory research. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui ketepatan dan kemantapan suatu alat ukur. Dan regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Uji F dan Uji t digunakan untuk mengetahui hipotesis yang dikemukakan.
Dari hasil analisis diketahui bahwa, perhitungan uji F diperoleh Fhitung sebesar 12,293 dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% ( : 0,05), dan Ftabel sebesar 2,53. Dengan Fhitung= 12,393 > Ftabel = 2,53, kesimpulannya variabel bebas secara simultan memiliki pengaruh terhadap variabel terikat. tetapi dari uji t diketahui bahwa secara parsial hanya variabel perekrutan anggota baru (jenjang atau level) (X1) serta komisi dan bonus (X4) yang mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat, karena thitung X1 = -2,820 dan X4 = 6,508 ttabel =1,960. Sedangkan variabel lain, Sistem pendidikan dan pelatihan (X2), penjualan produk (X3) tidak berpengaruh terhadap variabel terikat, karena thitung (X2 =
0,269 dan X3 = -1,162) berada diantara -1,960 thitung 1,960.
ABSTRACT
A net is key word that must be understood by everyone who wants to be success in the life. In fact, the success man is the one success in looking for and building up the nets. In Islamic knowledge, we know term “Silaturahim” in the same meaning. Finally, silaturahim causes the great power of nets. Multi Level Marketing (MLM) is the one of business that uses nets system, minimally nets marketing system. This research studies about the nets business of MLM Syariah as the real implementation of the activities of net working. Many people think that MLM is as new way that has many chances to the owner. It means, we have an occasion to find more income fast and as new way to have finance free.
The problem of this research is how long the net working MLM Syariah is that includes the recruitment of new members (degree) (X1), training and education system (X2), product sell (X3), and Prize (X4) influences finance free (Y) of Ahad-Net distributor. To get the data needed survey research with the explanatory research. Analysis tools that used is validity and reliability data to know the effectiveness tool. Duo linier regression needed to know the relation and the influences between free variable and bound variable. F-test and t-test needed to know hypothesis discussed.
In conducting to the analysis result, the researcher found out that the account of F-test shows F-hitung 12,293 with the validity degree 95 % (α:
0,05), and F-tabel 2,53. By F-hitung: 12,293 ≥ F-tabel 2,53 the conclusion is free variable has an influence towards bound variable in the same time. In the contrary, from t-test shows that both of the recruitment of new members (degree) (X1) and Prize (X4) partially has an influence to bound variable, because t-hitung X1 = -2,820 and X4 = 6,508 ≥ t-tabel = 1,960. The other variable includes training and education system (X2), product sell (X3) do not have an influence to free variable because each of variable (X2 = 0,269 and X3 = - 1,162) located between -1,960 ≤ t-hitung ≤ 1,960.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bisnis Jaringan; Multi Level Marketing (MLM); Kebebasan Finansial; The Cashflow Quadrant; Net Work; MLM, Finance Free; The Cashflow Quadrant | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:46 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44489 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |