Suprapto, Khoirotul Lathifah (2009) Korelasi antara Interaksi orang tua-anak dengan kecerdasan Emosional siswa SMP Muhammadiyah 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05410035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (527kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kecerdasan emosional adalah bekal terpenting dalam mempersiapkan anak mentongsong masa depan, karena dengan kecerdasan emosional seseorang akan dapat berhasil dalam menghadapi segala macam tantangan. Selain itu kecerdasan emosional juga sangat penting untuk membina interaksi antara orang tua dengan anak. Pada dasarnya antara interaksi orang tua-anak dengan kecerdasan emosional saling berhubungan. Faktor utama yang mempengaruhi kecerdasan emosional seseorang adalah faktor keluarga. Lingkungan keluargalah yang sangat berperan dalam membentuk kecerdasan emosional seseorang. Peranan orang tua sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan kecerdasan emosional seseorang baik secara langsung maupun tidak langsung. Anak yang belajar melalui imitasi atau meniru lingkungan tertentu akan banyak belajar dari interaksi dengan orang tuanya untuk membentuk tingkah lakunya dan mengembangkan emosinya.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah tingkat interaksi orang tua-anak siswa SMP Muhammadiyah 1 Malang, bagaimanakah tingkat kecerdasan emosional siswa SMP Muhammadiyah 1 Malang, serta mengetahui hubungan antara interaksi orang tua- anak terhadap kecerdasan emosional siswa SMP Muhammadiyah 1 Malang.
Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kuantitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif korelasional. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengambilan sampel didasarkan pada metode stratified random sampling dan diambil sebanyak 50 responden untuk mewakili keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan analisa norma, analisa prosentase dan analisa product moment karena terdiri dari dua variabel, selain itu data yang diolah adalah berupa data interval. Pengolahan datanya menggunakan perangkat lunak komputer yaitu SPSS 15.0 for windoes.
Pada penelitian ini diketahui bahwa mayoritas siswa SMP Muhammadiyah 1 Malang memiliki tingkat Interaksi orang tua-anak pada kategori sedang dengan prosentase 68%, Untuk tingkat kecerdasan emosional ditemukan bahwa mayoritas siswa SMP Muhammadiyah 1 Malang berada pada kategori sedang dengan persentase 66%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi antara interaksi orang tua-anak dengan kecerdasan emosonal ditunjukan dengan hasil korelasi yang signifikan (rxy = 0,995 ; sig = 0,000 < 0,05) artinya ada hubungan yang positif antara interaksi orang tua-anak dengan kecerdasan emosional.
ABSTRACT
Emotional quotient has been inferred as a main role to prepare children facing their future, since onlu with emotional quotient someone will be ensured to succeed in solving any obstacles ever. In addition, emotional quotient has a significant value to build parental- children interaction. Basically there is a strong correlation between children and parent interaction. The main point which influences someone emotional quotirnt is family environment. It takes a big role to sharpen someone emotional quotient. Parental guide has a direct or indirect great value for the development of someone emotional quotient. The child who studies to imitate a certain attitude will learn much from his parents where he can gain more interaction to lead him developing his emotion.
The significant of the research is to know the degrre of parental-children interaction of student of SMP Muhammadiyah 1 Malang, how the degree of emotional quotient of student of SMP Muhammadiyah 1 Malang, and to know the correlation between parental-children interaction towards emotional quotient of students of SMP Muhammadiyah 1 Malang.
The research uses quantitive research paradigm, and kind of the research is correlation descriptive. Data collection method of the research is by using sample, observation, and documentation. While in taking sample is based on stratified proportional random sampling method and it is taken 50 respondents to represent throughout population. Data collection techniques use standard analysis, percentalize analysisi and moment product correlation analysis since it is consisting of two variables, moreover, the analyzed data is interval data. Data analysisi uses software in computer named SPSS 15.0 for windows.
From the research it can be inferred that most student of SMP Muhammadiyah 1 Malang have average degree interaction of parental-children with 68%. It is just the same with the degree of emotional quotient with average degree in 66% and show us that correlation between parental-students interaction towards emotional quotient with a significant correlation (rxy =0,995 ; sig = 0,000 < 0,05).
The result of the research states that there is correlation between parental-students interaction towards student emotional quotient of SMP Muhammadiyah 1 Malang. It is based on score: 0.995 and score r table is 0.000. based on signification degree 5%, raccount from score of correlation has score raccount 0.995> r table 0.000. higher degree of parental interaction, higher degree of their emotional quotient.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Interaksi Orang Tua-Anak; Kecerdasan Emosional; Parental-Children interaction; Emotional Quotient | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 14:12 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 14:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44479 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |