Responsive Banner

Analisis manajemen strategi dalam menghadapi persaingan bisnis: Studi kasus pada PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk

Rahmawati, Reni (2008) Analisis manajemen strategi dalam menghadapi persaingan bisnis: Studi kasus pada PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03220040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (716kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dengan melihat persaingan yang terjadi pada industri Telekomunikasi saat ini, selain harga persaingan juga terjadi pada layanan. Hal ini menyebabkan manajemen perusahaan PT. Telkom mendapat tantangan untuk berusaha secara kompetitif dalam menghadapi pesaing. Salah satunya dengan menganalisis strategi perusahaannya. Strategi merupakan sekumpulan keputusan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran perusahaan. Dan dengan layanan informasi melalui pengelolaan yang efektif dan efisien mampu menawarkan kepada pasar dengan harga yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis manajemen strategi dalam menghadapi persaingan bisnis dan implementasi strateginya.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Data yang digunakan yaitu data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari, mencatat, mengklasifikasikan dan menggunakan data sekunder yang berupa data-data dari dokumen-dokumen yang sudah ada berupa laporan keuangan, kondisi ekonomi, sosial, dan teknologi. Sedangkan analisis datanya mengunakan analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendeskriptifkan analisis manajemen strategi dalam menghadapi persaingan bisnis pada PT. Telelekomunikasi Indonesia, Tbk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis IFAS skor total 2,54 dan EFAS skor totalnya 2,65. Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan dapat terus berkembang. Hal ini disebabkan posisi perusahaan dalam keadaan kuat karena tingkat dominasi lebih kuat daripada ancaman yang dihadapinya.

ABSTRACT

Nowadays, the Telecommunication’s industry competitive is very influential. The competitive honor and the service are two factors which very significant in determining the spirited business. One way to recognize those factors are by analyzing the company’s strategy. Strategy is a horde of decision and application which produce the formulation and implementation to reach the companies’ purposes. By serving an information service through an effective and efficient management are able to offer the honor to the market competitively. The aim of this research is to know the strategy of analysis management and implementation to face the business competitive.

This investigation is including into descriptive qualitative research with case study as the approach. The data use is the secondary data, and the techniques of collecting data are by identifying, noting, and classification the documents of secondary data in the formed of financial account, economical, social, and technology condition. To analyze the data I used descriptive analysis because I describe the strategy of analysis management to face the competitive business in PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

The result of this research shows that based on the analysis of IFAS total score is 2,54 and EFAS total score is 2,65. It shows that the company is able to developed because the company’s position is strong and the domination’s level to the threat’s company is tougher.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Usri, Abdul Kadir
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDUsri, Abdul KadirUNSPECIFIED
Keywords: Strategi; Harga; dan Layanan; Strategy; Honor; Service
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 13 Jan 2023 14:15
Last Modified: 11 May 2023 09:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44475

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item