Irawan, Hendi (2009) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Nasabah dalam memutuskan Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04610018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (718kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakteristik dan keuntungan-keuntungan yang tinggi dari prinsip mudharabah khususnya produk funding dari Bank Syariah Mandiri yaitu tabungan, deposito, dan giro yang seharusnya dapat menjadi alternatif dan pilihan utama bagi masyarakat mengingat dari beberapa aspek misalnya secara hukum agama Islam, tingkat keuntungan, keamanan, kenyamanan, jaringan yang luas yang ditawarkan lebih menguntungkan dari pada bank konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor minat nasabah menabung dalam memutuskan sistem bagi hasil produk funding Bank Syariah Mandiri Cabang Malang dan variabel manakah yang dominan pengaruhnya dalam memutuskan memilih sistem bagi hasil produk funding Bank Syariah Mandiri Cabang Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan tekhnik pengambilan sampelnya adalah acak sederhana. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner, kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik deskriptif, regresi linear berganda serta regresi parsial.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel motivasi (X1), variabel belajar (X2), variabel sikap (X3), variabel persepsi (X4), variabel tingkat keuntungan nisbah dan perhitungan bisnis (X5), secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan memilih sistem bagi hasil produk funding Bank Syariah Mandiri Cabang Malang (Y) dengan koefisien regresi berganda (R) 0,648 (64,8%) dan tingkat signifikan 0,000 serta nilai F hitung sebesar 13,635. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diperoleh adalah 0,390 (39,0%). Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah memilih sistem bagi hasil produk funding Bank Syariah Mandiri Cabang Malang (Y) yaitu variabel tingkat keuntungan nisbah dan perhitungan bisnis (X5) dengan angka koefisien regresi (B) sebesar 0,534 dan nilai t hitung sebesar 6.852.kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel tingkat keuntungan nisbah dan perhitungan bisnis (X5) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan nasabah memilih sistem bagi hasil produk funding Bank Syariah Mandiri Cabang Malang (Y).
ABSTRACT
Background of this study is the characteristics and the high advantages of Mudharabah principal, especially funding product, of Syariah Mandiri bank namely savings, deposit, and giro. Those should become an alternative and the main option for the society in the light of some aspects, such as profit, safety, and pleasure levels, Islamic law, and its offered widespread net is more advantageous than conventional banks. Purpose of this research is to know the effect of customer’s interest to save in deciding to choose production-sharing system of funding product of Syariah Mandiri Bank branch of Malang. And, to know which variables having dominant effect in deciding to choose production-sharing system of funding product of Syariah Mandiri Bank branch of Malang.
This research represents descriptive research using quantitative approach. Sampling technique use simple random technique. Research instrument is in the form of questionnaire. Further, the obtained data is processed by using descriptive statistic method, double linear regression and partial regression.
The research result shows that variables of motivation (X), attitude (X3), perception (X), and ratio advantages level and business calculation (X4), collectively have significant correlation and effect on decision to choose production-sharing system of funding product of Syariah Mandiri Bank branch of Malang (Y) with double regression coefficient (R) is 0.648 (64.8%), 0.000 in significance level and 13.635 in F . Besides, the obtained Adjusted R Square value is 0.390 (39.0%). Variable having dominant effect on customer’s decision to choose production-sharing system of funding product of Syariah Mandiri Bank branch of Malang (Y) is ratio advantages level and business calculation (X count) variable with its regression coefficient rate (B) is 0.534 and 6.852 T . Then, it can be drawn a conclusion that ratio advantages level and business calculation
(X) variable has dominant effect on customer’s decision to choose productionsharing system of funding product of Syariah Mandiri Bank branch of Malang (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Surjadi, Surjadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Minat Nasabah Menabung; Memutuskan memilih Sistem bagi hasil; Produk Funding;Bank Syariah Mandiri; Customer’s saving interest; decision to choose production-sharing system; funding product; and Syariah Mandiri Bank | ||||||
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 14:15 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 14:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44467 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |