Arifin, Zainul. (2007) Analisis Hierarchy of Effect sikap konsumen terhadap Atribut New Matahari Club Card (New MCC) dengan pendekatan Model Fishbein Extended pada PT Matahari Putra Prima Tbk. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03220001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan berdasarkan atas kenyataan bahwa banyak sekali manfaat yang didapatkan dari kartu diskon New Matahari Club Card (New MCC). Kurangnya pengetahuan konsumen, dan minimnya atribut yang diadopsi, dapat menyebabkan perubahan pola perilaku konsumen. Keadaan ini mengharuskan PT. Matahari Putra Prima melakukan penyesuaikan kembali terhadap program pemasaran yang telah disusun. Sikap konsumen terhadap produk sangat penting artinya bagi perusahaan dalam pembuatan program pemasaran serta ada anggapan umum bahwa sikap konsumen merupakan faktor yang kuat untuk memprediksi perilaku konsumen, meramalkan permintaan produk pada masa yang akan datang dan untuk mengembangkan program pemasaran secara tepat.
Penelitian dilakukan di Kota Malang, Jawa Timur, dari tanggal 21 Agustus 2007 sampai dengan tanggal 5 September 2007 terhadap 50 responden sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Atribut yang dipertimbangkan adalah diskon, voucher, fasilitas, serbaguna, prestise dan reward, sedangkan variabel norma subyektif yang digunakan adalah anggota keluarga, orang lain, teman dan customer service. Pengujian penelitian ini menggunakan model Fishbein Extended.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :(1) konsumen memiliki sikap positif terhadap kartu diskon New MCC. Atribut fasilitas memiliki skor negatif yang paling rendah dibanding dengan skor atribut lainnya; (2) lingkungan sosial konsumen mempengaruhi norma subyektif konsumen dalam melakukan keputusan pembelian kartu diskon New MCC. Variabel yang dominan adalah customer service; (3) selain itu juga, maksud perilaku mereka, menyatakan bahwa secara keseluruhan responden mempunyai sikap yang ragu-ragu terhadap kartu diskon New MCC untuk memilikinya Hal ini disebabkan selain memang pada faktor internal (sikap) mereka bersikap positif, juga pendapat kelompok referensi yang juga positif terhadap kartu diskon New MCC. Oleh karena kedua bagian tersebut besar pengaruhnya dalam membentuk perilaku pembelian konsumen, maka secara keseluruhan mereka mempunyai keinginan untuk menggunakan kartu tersebut dengan berbagai pertimbangan atribut yang perlu ditingkatkan lagi.
ABSTRACT
This research is done based on the fact that there are so many advantages got from discount card of New Matahari Club Card (New MCC). The lack of consumer knowledge, and so few outfits adopted, can cause change to consumer attitude pattern. This condition makes PT. Matahari Putra Prima must review to arranged marketing programs. Consumer attitude to a product is very important for company in making marketing program and there is public opinion that consumer attitude is strong factor to predict the consumer attitude, predict product order in the future, and develop marketing program appropriately.
The research is done in Malang, East Java, from Agust 28, 2007 till September
5, 2007 to 50 respondents as the research sample. Sample withdrawal technique is accidental sampling, while data collecting uses observation, interview, and questioner technique. The considered outfit is discount, voucher, multifunctional facility, prestige and reward, while subjective norm variable are family member, other people, friend, and customer service. Testing this research uses Fishbein Extended model.
This research shows that: (1) Consumer has positive attitude to New MCC discount card. Facility outfit has the lowest negative score than other outfit scores. (2) Consumer social place influences consumer subjective norm in deciding to buy New MCC discount card. The dominant variable is customer service; (3) in addition, the aim of their attitude, states that the whole respondents have hesitant attitude New MCC discount card to have it. This is caused that besides their positive internal factor, reference group’s opinion is also positive to New MCC discount card. Thus, the two parts are very influential in forming consumer buying attitude. So, totally, they have a wish to use the card by many considerations of outfit that must be improved more.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sikap Konsumen; Atribut; Consumer Attitude; Outfit | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 14:14 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 14:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44461 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |