Asmaniah, Yuniati (2007) Bauran Promosi dalam Perspektif Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
99220592.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (503kB) |
Abstract
ABSTRAK
Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi dalam bidang pemasaran, persaingan ekonomi yang terjadi akan berpengaruh pada peningkatan kualitas dan mutu pelayanan yang akan diberikan perusahaan kepada konsumen. Kondisi demikian membuat konsumen dihadapkan kepada berbagai alternatif pilihan pembelian dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Sementara di pihak perusahaan menimbulkan iklim persaingan yang semakin tinggi dalam mendapatkan konsumen.
Produsen dari berbagai produk barang dan jasa berusaha dengan keras merebut simpati dan menciptakan keinginan membeli dari konsumen. Selain itu untuk dapat bertahan dan maju dalam persaingan yang semakin kompetitif, perusahaan memerlukan perencanaan dan pelaksanaan secara cermat dan tepat sehingga tujuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang yang telah ditetapkan bisa terealisasi dengan baik.
Salah satu fungsi vital perusahaan yang mendukung pencapaian tujuan perusahaan adalah pemasaran (Philip Kotler, 1999:265). Pemasaran merupakan sistim dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen. Bidang pemasaran sangat berperan aktif untuk mengatasi persaingan, serta mempunyai strategi pemasaran yang tepat untuk mengatasi ancaman-ancaman persaingan dan memperkuat keunggulan bersaingnya.
Tujuan utama dari perusahaan adalah mencapai tingkat laba yang optimal, menghasilkan produk yang berkualitas dan biaya produksi yang rendah. Hal tersebut merupakan tujuan jangka pendek perusahaan, sedangkan tujuan jangka panjang perusahaan adalah menjaga, mempertahankan dan mengembangkan kelangsungan hidup perusahaan (Maulana, 1992:5).
Suatu perusahaan dalam memasarkan produk maupun jasa yang dihasilkannya dituntut untuk menerapkan strategi serta cara untuk melaksanakan pemasaran secepat mungkin agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis. Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba.
Dalam usaha memenuhi keinginan perusahaan tersebut, pihak manajemen tidak hanya memerlukan strategi yang tepat namun juga memerlukan sebuah ukuran kombinasi yang baik. Kombinasi ini digunakan untuk melihat keunggulan dan kelemahan dari suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen, mengingat kebutuhan konsumen dapat berubah-ubah berdasarkan waktu, keadaan, perbandingan harga dan manfaatnya. Ukuran kombinasi yang tepat tentunya akan berbeda antara satu produk ke produk lainnya, dari satu lokasi ke lokasi lainnya, dari satu jenis usaha ke usaha lainnya. Namun ada elemen – elemen yang perlu disatukan dan itu ada pada setiap jenis usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Tamrin, Dahlan | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bauran; Promosi | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 14:14 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 14:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44435 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |