Responsive Banner

Analisis pengaruh produk dan harga yang dipertimbangkan konsumen terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia pada Nokia Professional Centre Malang

Syamsuddin, Syamsuddin (2006) Analisis pengaruh produk dan harga yang dipertimbangkan konsumen terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia pada Nokia Professional Centre Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
99220288.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Istilah “Kepuasan Konsumen” telah menjadi suatu bagian yang integral dalam misi dan tujuan sebagian besar organisasi, baik yang berorientasi pada laba maupun nirlaba. Oleh karenanya setiap perusahaan akan senantiasa berlomba- lomba mencari suatu strategi dalam upaya meningkatkan jumlah kosumen,, sehingga nantinya menjadi kosumen yang puas bahkan loyal. Sehingga dapat ditarik suatu masalah apakah variable produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan tujuan yang diinginkan. Subyek dalam penelitian ini adalah kosumen yang telah membeli produk handphone Nokia di Nokia Professional Cetre (NPC) Malang, yaitu dengan mengambil jumlah sample sebanyak 100 responden. Sedangkan sebagai tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia di NPC Malang.

Sebuah perumusan masalah dalam hipotesis akan diuji kebenarannya dengan perhitungan statistic secara simultan (Uji F) dan secara parsial (Uji T) diketahui bahwa variabel Produk (X1) dan Harga (X2) secara bersama-sama dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian handphone merek Nokia di NPC Malang, dimana nilai Fhitung adalah sebesar 32,907. Sedangkan hasil perhitungan uji hipotesis secara parsial (Uji T) diketahui bahwa Variabel Produk (X1) sebesar 6,393 dan variabel Harga (X2) sebesar 2,703.

Dari hasil perhitungan regresi linear berganda diketahui bahwa besarnya R (R Square) adalah sebesar 0,392. Memberikan makna bahwa proporsi keragaman dalam variabel Keputusan Pembelian (Y) yang dijelaskan oleh kedua variabel bebas di dalam model regresi adalah sebesar 39,2%. Dan secara individu diketahui bahwa variabel Produk (X1) memberikan pengaruh sebesar 0,220 (22%), variabel Harga (X2) memberikan pngaruh sebesar 0,154 (15,4%). Dalam konteks hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan, bahwa variabel produk dan harga dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk handphone merek Nokia. Dengan demikian dapat disarankan kepada NPC Malang khususnya, agar tetap memperhatikan pelaksanaan dalam meluncurkan produk dan kebijakan- kebijakan harga dengan berupaya semaksimal mungkin sehingga dapat meningkatkan jumlah konsumennya dengan tingkat kepuasan seperti yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Djakfar, Muhammad
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDDjakfar, MuhammadUNSPECIFIED
Keywords: Produk; Haga; Keputusan Pembelian
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 13 Jan 2023 14:17
Last Modified: 09 Oct 2023 10:56
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44430

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item