Hadi, Samsul (2007) Etika Bisnis Islam: Studi tentang pemasaran Produk Murabahah dalam Perspektif etika Bisnis Islam pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03220120.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (875kB) |
Abstract
ABSTRAK
Berkaitan dengan pemasaran yang dilakukan dalam iklim persaingan yang sangat kompetitif ini, pada dasarnya perusahaan tidak dapat lepas dari isu etika bisnis yang semakin marak diperbicangkan. Perusahaan yang berkeinginan untuk membangun sebuah dinasti bisnis yang berhasil dan tahan lama dituntut untuk berbisnis secara baik dan etis. Melihat kenyataan tersebut diatas, maka didalam skripsi ini penulis menggunakan etika bisnis Islam sebagai pisau analisis untuk melihat berbagai permasalahan dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman komunitas perilaku di Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang tentang etika bisnis Islam, serta untuk mengetahui orientasi penerapan etika bisnis Islam dalam memasarkan produk murabahah di Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif metode kasus, dengan pendekatan kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendiskripsikan pelaksanaan pemasaran produk murabahah ditinjau dari etika bisnis Islam pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa di Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang, di dalam melaksanakan bisnisnya sangat mengutamakan dan menerapkan etika bisnis Islam, ini bisa dibuktikan dalam komunitas perilaku di lingkungan Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang di dalam memasarkan produk murabahah, baik dalam kontek Produk, Harga, Promosi, Distribusi, People, Proses, serta Layanan Pelanggannya. Jadi apapun yang menjadi pernyataan dan kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah pandangan sementara yang dibingkai dalam waktu subyektivitas dan masa penelitian, maka hal yang lebih luas adalah perjalanan pelaksanaan pemasaran murabahah itu sendiri, yang harus diikuti dan disimak oleh siapa saja yang berjalan bersamanya untuk penelitian selanjutnya.
ABSTRACT
In relation with the marketing conducted in this tight competitive climate, any companies, in essence, find difficulty to escape from widely deliberated business ethic issue. Building a successful surviving business dynasty requires having an ethically appropriate business. This fact becomes a serious thought for the author of this thesis to use Islamic business ethic as an analysis tool to understand any issues of marketing. This research aims to examine the understanding of behavior community on Islamic business ethic, and to observe the orientation of Islamic business ethic application into murabahah product marketing in the Bank Muamalat Indonesia, Malang branch.
The research has been classified as descriptive with case method and qualitative approach. The data was developed from primary and secondary data. Data collection technique includes interview, observation, and documentation. Data analysis method utilizes descriptive analysis because in this research, the author attempts to describe the implementation of murabahah product marketing viewed from Islamic business ethic at Bank Muamalat Indonesia, Malang branch.
The results of the research indicate that Bank Muamalat Indonesia, Malang branch, concerns with its business and Islamic business ethic for the behavior community in the Bank Muamalat Indonesia, Malang branch, confirms both values within murabahah product marketing, in which both values involve within product, price, promotion, distribution, people, process, or customer service contexts. Anything to become final statement and conclusion of research wll be temporary insight in the frame of subjectivity and research period. Therefore, the wider sense relates to the journey of murabahah marketing implementation had to be followed and scrutinized by everyone who has willingness to prepare for further research.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Etika Bisnis Islam; Pemasaran Produk Murabahah; Islamic Business Ethic; Murabahah Product Marketing | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 14:17 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 14:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44418 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |