Fungsi permainan dalam meningkatkan kreativitas belajar anak: Studi kasus di TA Ashabul Kahfi Malang

Mahmudah, Mahmudah (2008) Fungsi permainan dalam meningkatkan kreativitas belajar anak: Studi kasus di TA Ashabul Kahfi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03110063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (710kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Bermain merupakan gejala umum yang terjadi disemua kalangan manusia khususnya masa anak-anak. Bermain adalah kesibukan yang dipilih sendiri tanpa ada unsur paksaan. Ini sangat cocok dengan jiwa anak-anak yang imajinatif. Sehingga apabila dipupuk dengan baik maka dapat mendukung tumbuhkembangnya kreativitas belajar anak. Selain itu, permainan sarana penting untuk mensosialisasikan anak menjadi anggota suatu masyarakat sehingga mereka bisa mengenal dan menghargai anggota masyarakat yang lain. Namun sayangnya banyak orang tua menganggap permainan adalah perkara yang tidak penting, sehingga mereka sering mengabaikannya. Tentu saja apabila hal ini dibiarkan terjadi maka akan mengancam perkembangan kreativitas belajar anak.

Berangkat dari latar belakang masalah itulah penulis berminat membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Fungsi Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Anak di TA Ashabul Kahfi Malang dengan mengambil rumusan masalah yaitu 1) Bagaimanakah pelaksanaan permainan yang ada di TA Ashabul Kahfi Malang, dan 2) Apakah fungsi serta dampak permainan terhadap kreativitas belajar anak di TA Ashabul Kahfi. Serta memiliki tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pelaksanaan permainan di TA Ashabul Kahfi Malang dan juga untuk mengetahui fungsi serta dampak permainan permainan dalam meningkatkan kreativitas belajar pada anak melalui sarana bermain di TA Ashabul Kahfi Malang.

Penelitian yang penulis lakukan termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah : wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedang untuk menganalisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Yaitu data-data yang berbentuk lesan atau tulisan dari obyek penelitian dan tingkah laku yang diamati peneliti digabarkan secara menyeluurh sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Dari paparan deskripsi diatas, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa: 1) Dalam pelaksanaan aktivitas bermain sikap anak didik diberikan kebebasan untuk mengembangkan potensi serta daya kreasinya sesuai dengan bakat dan minatnya, 2) Sedangkan fungsi serta dampak permainan terhadap kreativitas adalah anak didik dapat memperoleh kreativitas penuh dan inisiatifnya dengan kesenangan dan kegembiraan, dapat menumbuhkan semangat belajar pada diri anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yasin, Ahmad Fatah
Keywords: Permainan; Kreativitas Belajar Anak
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 14 Aug 2016 03:36
Last Modified: 14 Aug 2016 03:36
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4438

Actions (login required)

View Item View Item