Syamsuri, Syamsuri (2010) Analisis penerapan srategi pemasaran pada rumah makan ayam bakar Wong Solo cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Persaingan dibidang industrti Rumah Makan semakin ketat. Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang dituntut untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan persaingan di industri rumah makan. Sejak dua tahun terakhir ini kecenderungan pasar dan konsumen mulai berubah, pasar dan konsumen menjadi lebih sensitif terhadap kualitas dan variasi produk serta pelayanan konsumen. Dengan adanya fenomena tersebut mengarahkan RMABWS Cabang Malang segera mengubah orientasinya dengan memposisikan dirinya sebagai Rumah Makan dengan slogan halalan toyyiban guna menguasai benak orang alias konsumen, melalui peningkatan sistem pelayanan dengan delivery service.
Untuk memperoleh strategi pemasaran yang tepat bagi Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang, perlu dilakukan analisis peluang dan ancaman Eksternal, serta kekuatan dan kelemahan internal, sehingga akan didapatkan strategi SO, strategi WO, Strategi ST, dan strategi WT yang akan dijadikan landasan dalam menerapkan strategi alternatif yang dapat dijalankan. Penelitian ini menggunakan matriks SWOT dengan analisis IFAS dan EFAS, diperoleh strategi alternatif yang dapat dijalankan oleh Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang malang, strategi pemasaran tersebut antara lain : satu strategi pengembangan pasar, dua strategi pengembangan produk, tiga strategi penetrasi pasar.
Dari hasil analisis EFAS diperoleh nilai 2,6. Hal ini mengindikasikan bahwa Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang terhadap lingkungan eksternal adalah cukup baik. Nilai IFAS menunjukkan angka 3,1, hal ini mengindikasikan bahwa sudah dapat memamfaatkan kekuatan dan sudah mampu mengatasi kelemahan internal. Hasil perhitungan matriks QSPM adalah strategi pengembangan pasar 6,9 srategi penetrasi pasar 7,425 dan pengembangan produk memiliki nilai 7,375 jadi, strategi yang direkomendasikan kepada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang adalah strategi penetrasi pasar.
ABSTRACT
Competition in the field of industry Restaurant has competitive stringent. Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo, Malang Batch is required to apply the appropriate competitive strategies to win competition among other restaurant. The se last two years, market and consumers became more sensitive to the quality and variety of consumer products and services. This the phenomenon reguires Malang Batch RMABWS to change its orientation to position himself as having Restaurant “halalan toyyiban” slogans to attract the minds of consumers by improving service system with delivery service.
To obtain an appropriate competitive strategy, Restaurant Ayam Bakar Wong Solo Malang Batch must first know the opportunities and external threats and internal strengths and weaknesses, so it will get SO strategy, strategy WO, ST Strategies, and WT strategies that will be the basis for implement alternative strategies that can be implemented at Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Malang Batch. This study uses qualitative SWOT matrix, IFAS and EFAS, obtained an alternative strategy that can be implemented by Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Malang Batch. Competitive strategy include a market development strategy, the two product development strategy, the three market penetration strategies.
The result of EFAS analysis showed the value of 2.6. This indicates that the Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Malang in terms of its external environment is quite good, IFAs showed the value of 3.1. This indicates that it can utilize the power and was able to overcome internal weaknesses. QSPM matrix calculation result is a market development strategy 6.9 strategy market penetrations 7.425 and product development value 7.375. Hence, the recommended strategy for Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Malang Branch is a market penetration strategy.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Analisis Matrik SWOT; Strategi Pemasaran; Matrix SWOT Analysis; Marketing Strategy | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:47 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44353 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |