Idiyanti, Anita (2010) Pengaruh penggunaan Celebrity Endorser Iklan sabun mandi Lux terhadap Persepsi Konsumen pada Ratu Supermarket Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (813kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kecantikan merupakan sesuatu yang sangat berharga dan mahal bagi seorang wanita. Keinginan wanita untuk tampil cantik ini dimanfaatkan oleh para produsen untuk memproduksi berbagai macam kosmetika. Persaingan yang terjadi dalam industri kosmetika semakin ketat. Oleh karena itulah setiap perusahaan harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat agar dapat memenangkan persaingan, salah satunya adalah melalui periklanan. Perusahaan harus memiliki cara kreatif dalam beriklan agar dapat menarik perhatian konsumen dan menciptakan persepsi yang positif terhadap produk. Salah satu cara kreatif dalam beriklan adalah dengan menggunakan celebrity endorser. Selebriti akan memberikan manfaat kepada perusahaan karena selebriti memiliki popularitas, bakat, daya tarik, dan kredibilitas. Dari keempat unsur tersebut, maka kredibilitas adalah yang paling penting bagi konsumen. Kredibilitas selebriti menggambarkan persepsi konsumen terhadap keahlian dan pengetahuan selebriti mengenai produk yang diiklankan dan kepercayaan selebriti (kejujuran mengenai produk yang diiklankan). Kredibilitas selebriti semakin diragukan ketika seorang selebriti beriklan untuk banyak merek produk.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif, Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan terhadap 80 responden yang memebeli sabun mandi Lux di Ratu Supermarket Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling aksidental (berdasarkan kebetulan). Tekinik analisis data yang digunakan yakini (1) uji validitas dan reabilitas dari item-item kuesioner, (2) uji regresi linier berganda dan kemudian dilakukan pengujian hipotesis yanki secara simultan (uji F), secara persial (uji t) dan variabel yang dominan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal antara celebrity endorser dan persepsi konsumen sabun mandi Lux melalui pengujian hipotesis.
Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa secara simultan variabel celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap persepsi konsumen sebesar 22,847. Dan jika dilihat dari Adjusted R Square yakni sebesar 58,6%, sedangkan berdasarkan uji t (secara persial) komponen variabel celebrity endorser yang mempengaruhi persepsi konsumen adalah kredibilitas, daya tarik dan kecocokan. Dilihat dari koefisien regresi B maka dapat disimpulkan bahwa komponen variabel celebrity endorser yang dominan mempengaruhi persepsi konsumen adalah variabel daya tarik yakni sebesar 0,016.
ABSTRACT
A beauty represents something valuable and worth for woman. Desire of woman to look beautiful is exploited by some producers to produce many kinds of cosmetics. Consequenthy cosmetic industry has been in high competition. Therefore, every company hase to use precise marketing strategy in order to can a win a competition. One of them that is through advertisement. The company must have good advertisement to attack consumer and create positive perception of product. One of creative ways is using celebrity endorser. Celebrity will give benefit to company because he has popularity, the talent, fascination, and credibility. From to these elements, credibility is the most important to consumer. Credibility of celebrity represents consumer perception of their telent and their true opinion about the produck. Credibility of celebrity is progressively hesitated when a celebrity accept advertisement to many product brands.
This research used is quantitative research. Whith survey approach, which requires sample of population and questioner as a means of data collection. This research is conducted to 80 responders which buy “Lux” soap at Malang Ratu market. Technique of sample is sampling accidental. Techniques of data analysis that used are: (1) validity and reability test from points of questioner, (2) doubled linear regress test, that is conducted by measuring simultant (F test), partially (t test) and dominant variable. This research aim to explain of causal relation between celebrity endorser and consumer perception at “Lux” soap through hypothesis testing.
The result shows that variable of celebrity endorser has influence perception of consumer equal to 22,847. And if that’s seen from Adjused R Square it is equal to 58,6 %. While pursuant to t test (partially), variable components of celebrity endorser that influence consumer perception are credibility, fascination, and compatibility. While that’s seen from coefficient of B regress, it is obvisus that variable component of dominant celebrity endorser that has a significant impact is fascination variable equal to 0,016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Celebrity Endorser; Persepsi Konsumen; Celebrity Endorser, Consumer Perception | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:46 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44341 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |