Fadilah, Laila Fitria Zuhratul (2009) Strategi peningkatan Perkembangan sosial anak usia dini di kelompok bermain Bani Ahmad Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04410099.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan manusia telah mengungkapkan bahwa manusia telah tumbuh dan berkembang dari masa bayi kemasa dewasa melalui beberapa langkah jenjang. Kehidupan anak dalam menelusuri perkembangannya itu pada dasarnya merupakan kemampuan mereka berinteraksi dengan lingkungan. Proses tersebut merupakan proses sosialisasi yang mendudukkan anak-anak sebagai insan yang secara aktif melakukan proses sosial. Namun Tidak semua anak mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan baru.
Dari fenomena ini muncul beberapa pertanyaan yang menarik untuk diteliti, yaitu, (1) Bagaimana bentuk perkembangan sosial anak usia dini? (2) Problem apa yang dihadapi dalam peningkatkan perkembangan sosial anak usia dini? (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan perkembangan sosial anak usia dini? (4) Strategi apa yang dilakukan untuk peningkatan perkembangan sosial anak usia dini?
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan bagaimana perkembangan sosial anak usia dini, (2) memetakan problem peningkatan perkembangan sosial anak usia dini, (3) menganalisa faktor yang mempengaruhi peningkatan perkembangan sosial anak usia dini, dan (4) menemukan bentuk strategi peningkatan perkembangan sosial anak usia dini.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dalam setting penelitian jangka panjang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes psikologi. Analisa data menggunakan metode Miles dan Hoberman dengan melalui tiga tahap, yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing atau verivication (Sugiyono, 2007: 91-99). Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang paling tepat digunakan dalam meningkatkan kemampuan sosial anak adalah: (1) dengan menggunakan metode bermain sebagai penunjang dalam peningkatan perkembangan kemampuan sosial anak, (2) mengembangkan suatu pemahaman konsep tentang diri mereka sendiri, orang lain dan dunia sekitarnya melalui observasi, interaksi dengan teman sebayanya (3) mengembangkan ketrampilan-ketrampilan sosial seperti bekerjasama, menolong, berempati, bernegosiasi dengan orang-orang yang terlibat di dalamnya, (4) secara optimal membantu anak pada proses perkembangan kognitif, emosi, fisik, moral dan psikososial.
ABSTRACT
Growth of human being have laid open that human being have growed and expand from baby hood into adult through some ladder step. Life of child in tracing its growth basically represent their ability have interaction with environment. The process represent socialization process siting children as mankind which actively social process. But not all child easyly in adapting with new environment.
From this phenomenon emerge some interesting question to be checked, that is, (1) How is form growth of age child social early? (2) What kind problem that faced in growth of age child social early? (3) Any kind factor of influencing the make-up of growth of age child social early? (4) What kind strategy conducted to the make-up of growth of age child social early?
Target of this research is to: (1) To deskripe how growth of age child social early, (2) mapping problem of make-up of growth of age child social early, (3) analysing factor influencing the make-up of growth of age child social early, and (4) finding strategy form of make-up of growth of age child social early.
Research method the used is descriptive qualitative in long-range research setting. Data collecting use interview method, observation, and documentation of tes psychology. Data analysis use method of Miles and of Hoberman through three phase, that is data of reduction, data displayed, and drawing conclution or of verivication (Sugiyono, 2007: 91-99). Checking of authenticity of data use method triangulat the source of data.
Result of research indicate that most precise strategy used in improving ability of child social is: (1) by using method play at as supporter in make-up of growth of ability of child social, (2) developing a concept of understanding about themselves, vinicity world and others through observation, interaction with friend coeval (3) developing social skilled like working along, helping to have, empathy have, negotiation with people who involve in it, (4) in an optimal fashion assist child at cognate growth process, emotion, physical, and moral of psikososial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Arifin, Zainul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Peningkatan Perkembangan Sosial; Perkembangan Sosial Anak Usia Dini; Strategy of Make-Up Of Growth Of Social; Growth Of Social Child Age Early | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:38 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44336 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |