Wicaksono, Bagus (2010) Pengaruh Ekuitas Merek terhadap keputusan pembelian Notebook Acer di Acer Point Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Notebook merek Acer merupakan notebook yang mempunyai ekuitas merek yang baik. Ini dibuktikan dengan penguasaan Acer hampir 43,2% pada pasar notebook di indonesia. Dari dasar kenyataan yang ada di pasar, penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui seberapa besar ekuitas merek menurut persepsi konsumen. Dan untuk lokasi penelitianya dilaksanakan di Acer Point JL. JA Suprapto 40 B4 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey jumlah sampel 100 dari 20 item yang ada dengan menggunakan metode Maholtra yakni setiap item bisa diwakili 4-5 responden dan ini sudah dikatakan valid. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas, loyalitas merek, persepsi nilai. Sedangkan variabel terikatnya keputusan pembelian konsumen. Pengujian instrument menggunakan uji validitas reliabelitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisis data menggunakan regesi linier berganda dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas X berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Seperti hasil dari perhitungan uji f bahwa F hitung (7,925) > dari F table (2,45) sedangkan signifikansi (0,000) < dari alpha pada taraf 5% atau 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan Koefisien determinan (Adjusted R Square) sebesar 0,259 atau 25,9%, maka pengaruh variabel X secara serentak terhadap variabel Y sebesar 25,9%. sedangkan uji t di ketahui variable X1 . p = 0,037 < 0,05, X2 p = 0,031 < 0,05, dan X 5 p = 0,044 < 0,05, maka dikatakan ketiga variabel ini berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (terikat). sedangkan variabel X3 p = 0,545 > 0,05 dan X4 p = 0,933 > 0,05, dikatakan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (terikat)
ABSTRACT
Acer branded notebook is a notebook that has a good brand equity. This is evidenced by mastery of Acer nearly 43.2% in the notebook market in Indonesia. This study has the objective to know how much the brand equity is according to consumer perceptions. This study is conducted at Acer Point Ave. JA Suprapto 40 B4 Malang.
This research is a quantitative research with approach survey. The sample is 100 with 20 items on the basis of Maholtra method by which each item can be represented by 4-5 respondents to be valid. In this study free variables consist of brand awareness, brand association, the impression of quality, brand loyalty, and perceptions of value. while the bound variable is consumer purchasing decisions. Instruments are measure its validity, reliability and classic measure. The method of data analysis employs multiple linear regression with F- test and T- test.
The results showed that the independent variable X has a significant effect on consumer purchasing decisions. As a result of the test calculation that F compute f (7.925) > from F table (2.45) with a significance of value (0.000) < alpha at the level of 5% or 0.05. Thus Ha received and Ho rejected. Meanwhile, its determinant coefficient (Adjusted R Square) is 0.259 or 25.9%, while the influence of variable X simultaneously toward the variable Y is 25.9%. whereas the t test on the existed variables X1. p = 0.031 < 0.05, X2 = 0.044 p < 0.05, and X 5 p = 0.037 < 0.05. Hence, the three variables have significant effect on variables Y . while the variable X3 p = 0.545 > 0.05 and X4 p = 0.933 > 0.05, does not have significant effect on variable Y.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Ekuitas merek; Pembelian Notebook; Brand equity; Notebook Purchasing | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:45 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44327 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |