Strategi guru pendidikan agama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Tirtoyudo

Aini, Fadilah Nurul (2008) Strategi guru pendidikan agama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Tirtoyudo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03110044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (627kB)

Abstract

INDONESIA:

Manusia dalam hidup dan kehidupannya pada dasarnya mengemban amanah yaitu berupa tugas-tugas dan kewajiban serta tanggung jawab yang dibebankan oleh Allah SWT kepada manusia. Amanah yang dibebankan oleh Allah SWT tersebut wajib untuk dijaga, dipelihara dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Adapun amanah ataupun tugas-tugas yang dibebankan kepada manusia itu diantaranya adalah menginformasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari jalur pendidikan baik itu informal maupun dari jalur pendidikan non formal.

Berangkat dari latar belakang tersebut di atas, penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Strategi Guru Pendidikan Agama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Tirtoyudo. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan problematikan yang melatarbelakangi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tirtoyudo dan mendeskripsikan strategi yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tirtoyudo.

Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk penelitian kualitatif. Adapun cara pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu mencari hubungan yang sistematis antara catatan hasil lapangan dan hasil wawancara untuk memperoleh pemahaman tentang bagaimana Strategi Guru Agama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2
Tirtoyudo Kabupaten Malang, sehingga sekolah tersebut menjadi sekolah yang menjadi kebanggaan bagi siswa-siswinya.

Dalam pengecekan keabsahan temuan ini penulis mengadakan interview kepada Guru Pendidikan Agama Islam secara langsung. Dan untuk menetapkan keabsahan data ini di perlukan teknik pemeriksaan. Maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik untuk mengetahui kevalidan data dengan mengadakan hal-hal sebagai berikut: Triangulasi, Menggunakan bahan referensi. untuk meningkatkan kepercayaan akan kebenaran data dengan menggunakan hasil rekaman tape atau bahan dokumentasi, dengan mengunakan rekaman tipe dan dokumentasi, Membercek bertujuan agar informasi yang diperoleh dan digunakan dalam penelitian skripsi sesuai dengan apa yang dimaksud oleh informan.

Problematika yang melatar belakangi penggunaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tirtoyudo adalah kondisi sosial kemasyarakatan di sekitar SMP Negeri 2 Tirtoyudo yang meliputi faktor agama dan kebudayaan masyarakat sekitar SMP Negeri 2 Tirtoyudo. Untuk menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kondisi siswa terutama dalam Pendidikan Agama Islam maka diharapkan sekolah dapat meningkatkan pengadaan sarana prasarana terutama yang berhubungan dengan pendidikan agama.

Buku-buku di perpustakaan hendaklah dilengkapi dengan buku-buku pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku pada saat ini. Juga diharapkan agar guru Pendidikan Agama Islam terus menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan. Karena hal itu dapat berpengaruh pada tingkat keberhasilan siswa dalam menerima materi yang diberikan. Pemilihan strategi yang tepat akan mengantar siswa untuk dapat mengerti dan faham terhadap setiap materi dan kemudian dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Baharuddin, Rahmawati
Keywords: Strategi Guru Agama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 15 Aug 2016 09:01
Last Modified: 15 Aug 2016 09:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4429

Actions (login required)

View Item View Item