Muzaki, Mohamad Bahrul (2022) Efektivitas pembelajaran IPS pada pelaksanaan praktik kerja lapangan mahasiswa jurusan Pendidikan IPS di SMP Muhammadiyah 06 Dau. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
18130115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Dunia pendidikan sangat erat kaitannya dengan bagaimana usaha untuk meningkatkan proses belajar mengajar efektif dan optimal supaya mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan yang dicapai. Untuk mengetahui tujuan pembelajaran yang efektif diperlukan perencanaan dalam menciptakan suasana kelas yang menarik bagi siswa. Agar pembelajaran dapat tercapai dengan efektif mahasiswa Praktik Kerja Lapangan harus menggunakan strategi, metode, materi, media, evaluasi dan gaya mengajar yang harus disesuaikan dengan rencana pembelajaran.
Berdasarkan uraian dari latar belakang di atas, oleh karena itu skripsi ini membahas tentang Efektivitas Pembelajaran IPS Pada Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS di SMP Muhammadiyah 06 Dau. Penelitian ini ingin mengetahui beberapa hal yakni (1) Bagaimana efektivitas pembelajaran IPS pada pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS di SMP Muhammadiyah 06 Dau, (2) Apa hambatan dalam pembelajaran IPS pada pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan mahasiswa jurusan Pendidikan IPS di SMP Muhammadiyah 06 Dau.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga jenis yakni wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun narasumber dari penelitian ini adalah waka kurikulum, guru mata pelajaran IPS yang merangkap sebagai guru pamong, mahasiswa, dan siswa. Proses analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kegiatan pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 06 Dau secara umum dikelompokkan menjadi beberapa aspek yakni, pertama mahasiswa menerapkan metode pembelajaran kooperatif dan active learning strategi pengajuan pertanyaan. Kedua, materi yang disiapkan dan dipelajari oleh mahasiswa secara maksimal dapat dipahami oleh siswa. Ketiga, media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran berbasis audio visual. Keempat, mahasiswa melaksanakan evaluasi kepada siswa menggunakan tes tulis dan tugas kelompok portofolio dalam bentuk peta konsep. Kelima, mahasiswa mengajar dengan cara mengulas kembali materi.Keenam, setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif dan active learning, media audio visual, evaluasi tes tulis dan peta konsep, serta mengulas kembali materi dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kekurangan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga beresiko pembelajaran akan monoton. Penelitian selanjutnya hendaknya lebih sering menggunakan media pembelajaran yang berbeda agar siswa selalu antusias dengan pembelajaran.
ENGLISH:
The world of education is closely related to how efforts to improve the teaching and learning process are effective and optimal in order to get results that are in accordance with the goals achieved. To achieve effective learning goals requires planning in creating an attractive classroom atmosphere for students. In order for learning to be achieved effectively, internship students must use strategies, methods, materials, media, evaluations and teaching styles that must be adjusted to the learning plan.
Based on the description of the background above, therefore this thesis discusses the Effectiveness of Social Studies Learning in the Implementation of Internships Practices for Students of the Social Studies Education Department at SMP Muhammadiyah 06 Dau. This research wants to know several things, namely (1) How is the effectiveness of social studies learning in the implementation of internships students of Social Sciences Education Studensts at SMP Muhammadiyah 06 Dau, (2) What are the obstacles in social studies learning in the implementation of internships students of Social Sciences Education at SMP Muhammadiyah 06 Dau.
The research uses approach qualitative with type qualitative descriptive. Technique data collection using three types interviews, documentation, and observation. As for the source person from the study, this is waka curriculum, eye teacher concurrent social studies lessons as tutors, students, and students. The process of data analysis used is data reduction, data presentation, and withdrawal conclusion/verification.
The results of this study show that social studies learning activities at SMP Muhammadiyah 06 Dau are generally grouped into several aspects, namely, first, students apply cooperative learning methods and active learning strategies for submitting questions. Second, the material prepared and studied by students can be maximally understood by students. Third, the learning media used is audio-visual-based learning media. Fourth, students carry out evaluations to students using written tests and portfolio group assignments in the form of concept maps. Fifth, students teach by reviewing the material. Sixth, after the application of cooperative learning methods and active learning, audio- visual media, evaluation of written tests and concept maps, as well as reviewing materials can improve student learning outcomes The disadvantage of this study is that the use of learning media is less varied so that learning risks monotony. Subsequent research should use different learning media more often so that students are always enthusiastic about learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hidayat, Imam Wahyu | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Efektivitas; Pembelajaran IPS; Praktik Kerja Lapangan; Effectiveness; Social Studies Learning; Internships Social Studies Students; التصور ، تعلم الدراسات االجتماعية ، ممارسات العمل الميداني | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Mohamad Bahrul Muzaki | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 13:48 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 13:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44283 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |