Khoiri, Ahmad Jihadi (2009) Hubungan antara Profesionalitas Guide dengan kepuasan Konsumen: Studi Korelasi pada Konsumen PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya pada Divisi Agrowisata. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04410095.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (769kB) |
Abstract
ABSTRAK
Profesionalitas guide adalah keahlian dan mutu kerja seorang yang bertugas memberikan bimbingan, penerangan, dan petunjuk tentang obyek wisata serta membantu segala sesuatu yang diperlukan wisatawan di PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya Pada Divisi Agrowisata. Sedangkan kepuasan konsumen adalah suatu perasaan atau penilaian emosional dari konsumen atas jasa dimana harapan dan kebutuhan mereka terpenuhi selama berwisata di PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya Pada Divisi Agrowisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan profesionalitas guide dengan kepuasan konsumen. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa terdapat hubungan yang positif antara profesionalitas guide dengan kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, antara lain variabel bebas yaitu profesionalitas guide sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari atas angket profesionalitas guide dan kepuasan konsumen. Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan Product Moment yang kemudian dikorelasikan dengan Part Whole untuk menguji validitasnya dan Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket.
Dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson, didapatkan hasil rhitung = 0,258, rtabel = 0,159, p = 0,001 yang berarti hipotesis dalam penelitan ini diterima, bahwa terdapat hubungan yang positif antara profesionalitas guide dengan kepuasan konsumen di Agrowisata Batu Malang. Artinya bahwa semakin tinggi tingkat profesionalitas guide maka semakin tinggi pula kepuasan konsumen.
ABSTRACT
Professional expertise and guide the quality of the work of a duty to give guidance, information, and instructions on tourism destinations and help all the necessary tourists in PT. Kusuma Satria Jaya In Dinasasri Tourism Agro Tourism Division. While consumer satisfaction is a feeling or an emotional assessment of the service where the consumer expectations and their needs are met during a tour in PT. Kusuma Satria Jaya In Dinasasri Tourism Agro Tourism Division.
This study aims to determine the professional relationship with customer satisfaction guide. Hypothesis is that there is a positive relationship between professional guide with customer satisfaction. In this study there are two variables, among others, the professionalism of the independent variable while the variable bound guide is customer satisfaction. The sample in this study was 150 respondents. The sampling technique used was purposive sampling. Instruments used were questionnaires consisting of the questionnaire guide professionalism and customer satisfaction. To test the quality measure used Product Moment later correlated with the Part Whole to test its validity and to test Cronbarch Alpha reliability aitem questionnaire.
By using the correlation formula of Pearson Product Moment, obtained results = 0.258, = 0.159, p = 0.001 which means that the research hypothesis is accepted, that there is a positive relationship between professional guide with customer satisfaction in the Agro Batu Malang. This means that the higher the level of professionalism guide the higher the customer satisfaction.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kurniawati, Endah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profesionalitas Guide; Kepuasan Konsumen; Professionalism Guide; Consumer Satisfaction | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:38 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44274 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |