Elmas, Muhammad Syarif Hidayatullah (2010) Pengaruh Variabel-Variabel Makro ekonomi terhadap Omzet penjualan di Toko Sakinah Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05610043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Krisis ekonomi global atau variabel-variabel makro ekonomi telah terjebak pada sistem kapitalisme internasional sehingga sampai saat ini sepertinya tak ada persiapan jelas menghadapi krisis keuangan global yang berawal dari runtuhnya industri keuangan di Amerika Serikat. Krisis ekonomi global atau variabel-variabel makro ekonomi kini mulai dirasakan pengusaha tesktil dan produk tekstil (TPT). Ini terlihat dari ekspornya yang mulai melambat, yakni hanya tumbuh 5,6% dari 1,237 miliar dollar AS menjadi 1,312 miliar dollar AS pada semester pertama 2008. Hal ini menunjukkan bahwasanya melambatnya pertumbuhan ekspor komoditas ini semakin terasa terhadap pasar Amerika Serikat. Sepanjang semester pertama ini, secara nilai ekspor ke AS hanya naik tipis, yakni 0,75% dari periode yang sama dua tahun lalu. Dari nilainya 530,171 juta dollar AS di periode yang sama tahun 2007, dan hanya mencapai 534.169.438 dollar AS untuk 2008 (Puspita Handayani, 2008).
Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan mempertimbangkan uji asumsi klasik, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, dan Uji Heteroskedastisitas.
Dari hasil analisis secara simultan dengan level of significant 5% Variabel-variabel makro ekonomi mempengaruhi secara significant terhadap omzet penjualan. Secara simultan variabel-variabel makro ekonomi dalam penelitian ini mampu menjelaskan perubahan omzet penjualan sebesar 85,0%. Sedangkan, selebihnya sebesar 15,0% dari variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Secara parsial variabel-variabel makro ekonomi, di antaranya : (1) Kurs Rupiah Terhadap US$ (X1) berpengaruh secara tidak signifikan terhadap Penjualan (Y) karena nilai probabilitnya lebih besar dari 0,05, yaitu 0,068. (2) Harga Minyak (X2) berpengaruh secara signifikan karena nilai probabilitya lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,024. (3) Harga Emas (X3) berpengaruh secara tidak signifikan terhadap Penjualan (Y) karena nilai probabilitnya lebih besar dari 0,05, yaitu 0,235.
ABSTRACT
The global economic crisis or macroeconomic variables have been trapped within caught the international capitalist system. Currently there seems no obvious preparations to face the global financial crisis that is originated from the collapse of the financial industry in the United States. The global crisis condition has also affected textile businessman and textile products (TPT). This is evident when looking at slowing export value. Which grew only 5.6% from 1.237 billion U.S. dollars to 1.312 billion U.S. dollars in the first half of 2008. This indicates that the slowing growth in commodity exports is increasingly happens on the U.S. market. Throughout the first half of term, the value of exports to the U.S. rose slightly 0.75% from the same period of two years ago. Specifically, the value of 530.171 million worth of U.S. dollars is for the period in 2007. And only the 534,169,438 U.S. dollars is for 2008 (Puspita Handayani, 2008).
This study uses secondary data which were performed using multiple linear regression analysis by considering the classical assumption test Normalitas Test, Multikolinearitas Test, Autokorelasi Test, and Heteroskedastisitas Test.
The result shows that with simultaneous analysis by significant level of 5%, the global crisis affects significantly to sales turnover. Global crisis in this study could explain the change of sales turnover of 85.0%. Meanwhile, the rest of 15.0% of the other variables are not examined in this study. Partially macroeconomic variables, including: (1) Exchange Rate of Rupiah against U.S. $ (X1) does not have significant influence on sales (Y) because its values are greater than 0.05, namely 0.068. (2) Oil Price (X2) significant effect because its probability values are smaller than 0.05, namely 0.024. (3) Gold Price (X3) does not have significant effect on sales (Y) because its probability values are greater than 0.05, namely 0.235.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Variabel-Variabel Makro Ekonomi; Omzet Penjualan; Macroeconomic Variables; Omzet Sale | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:44 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44267 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |