Udin, Amin (2010) Pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan Nasabah Bank Perkreditan Rakyat Syariah Bumi Rinjani Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (991kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
BPRS Bumi Rinjani Kota Batu Merupakan satu-satunya BPRS yang ada di kota batu. Kehadirannya sangat didukung oleh masyarakat sekitar, hal ini disebabkan karena masyarakat yang mayoritas beragama islam mendambakan sebuah sistem perbankan yang sesuai dengan syariah islam. Ini dibuktikan dengan terus mengalami kenaikan dalam kuantitas yang terdapat dalam data BPRS Bumi Rinjani yaitu nasabah tabungan sebanyak 2114 tahun 2008 naik menjadi 2353 tahun 2009, sedangkan nasabah pembiayaan sebesar 656 tahun 2008 naik menjadi 846 tahun 2009. Dari tahun 2008-2009 dapat diambil kesimpulan bahwa nasabah di BPRS Bumi Rinjani merasa puas dengan kualitas jasa yang di miliki oleh BPRS tersebut. Dengan dasar kenyataan yang ada, penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan nasabah. Dan untuk lokasi penelitiannya dilaksanakan di BPRS Bumi Rinjani JL Dewi Sartika No 10. Kota Batu
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey jumlah sampel 60 dari 12 item yang ada dengan menggunakan metode Maholtra yakni setiap item bisa diwakili 4-5 responden dan ini sudah dikatakan valid. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri reliability, responsiveness dan courtesy. Sedangkan variabel terikatnya kepuasan nasabah. Pengujian instrument menggunakan uji validitas reliabilitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisis data menggunakan regeresi linier berganda dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas X berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Seperti hasil dari perhitungan uji f bahwa F hitung (16,484) > dari F table (4,16) sedangkan signifikansi (0,000) < dari alpha pada taraf 5% atau 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan Koefisien determinan (Adjusted R Square) sebesar 0,440 atau 44,0%, maka pengaruh variabel X secara serentak terhadap variabel Y sebesar 44,0%. sedangkan uji t di ketahui variable X2 . p = 0,000 < 0,05 dan X3 p = 0,004 < 0,05, maka dikatakan kedua variabel ini berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (terikat). sedangkan variabel X1 p = 0,890 > 0,05, di katakan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (terikat).
ABSTRACT
BPRS Bumi Rinjani has been expecting Batu BPRS is one of Banks Batu city. its Presenceha has been strongly supported by the surrounding community, as they are mostly Moslem society that crave a banking system in accordance with Islamic sharia. This is evidenced by the continual increase in the quantity in the BPRS Bumi Rinjani covering the quantity of saving accounts as many as 2114 customers in 2008 and to 2353 in 2009, while customer of financing increased from to 656 in 2008 to 846 in 2009. From the years 2008-2009 shows that customer in BPRS Bumi Rinjani are satisfied with the quality service that is owned by the BPRS. With this fact, this study has the objective as to know to examine what extent the effect of service quality on customer satisfaction. And for the location of the research is conducted in the BPRS Bumi Rinjani. at Dewi Sartika street No 10. Kota Batu.
This research is a quantitative research with a survey of 60 samples from 12 existing items using Maholtra by which each item can be represented by 4-5 respondents and this is valid. In this study, the independent variables include reliability, responsiveness and courtesy. While the dependent variable is customer satisfaction. Testing instrument employs reliability and validity test of classical assumptions. The method of data analysis uses multiple linear regression with the F test and T test.
The results showed that the independent variables X significantly influence consumers' purchasing decisions, as a result of the test calculation of F that the F test (16.484)> from the F table (4.16), with the significance of (0.000) <alpha, at the level of 5% or 0.05. So that Ho is refused and Ha is accepted. While the coefficient of determinant (Adjusted R Square) of 0.440 or 44.0%, the simultaneous effect of variable X to variable Y is at 44.0%. T test indicates that the variable value for X2. is p = 0.000 <0.05 and p = 0.004 X3 <0.05, Hence, these two variables significantly influence the variable Y, while the X1 variable p = 0.890> 0.05, does not have significant effect on variable Y.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kualitas Jasa; Kepuasan Nasabah; Service Quality; Customer Satisfaction | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:44 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44260 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |