Arwani, Ahmad (2010) Efektivitas iklan media televisi Mie Sedaap versi ”rasa tidak pernah bohong” dengan pendekatan Epic Model: Studi pada mahasiswa Ma’had Sunan Ampel Al-Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (659kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Epic Model adalah sebuah metode untuk megukur efektivitas sebuah iklan yang dikembangkan oleh A.C Nielsen salah satu perusahaan peneliti pemasaran terkemuka didunia yang terdiri dari, Empathy, persuasion, impact, dan communication, empat dimensi tersebut untuk mengukur sebuah efektifitas iklan yang ditimbulkan oleh proses penyampaian iklan kepada audiens Tujuan pengukuran ini adalah untuk mengetahui efektivitas sebuah iklan yang ditayangkan pada masyarakai. Seperti halnya dengan produk Mie Sedaap kini menguasai sekitar 12% pangsa pasar produk mie instant, keberhasilan ini tidak lain karena promosi dan periklanan yang dijalankan oleh Wings Food sangat tepat. Sehingga untuk mengetahui efektivitas sebuah iklan dapat menggunakan metode pengukuran Epic Model.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, penelitian ini dilakukan terhadap 96 orang responden di ma’had sunan Ampel Al-Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakini (1) uji validitas dean reabilitas dari item-item kuesioner, (2) analisis tabulasi sederhana dan skor rata-rata.
Dari hasil penelitian efektivitas iklan televisi mie Sedaap versi “rasa tidak pernah bohong” dengan menggunakan metode Epic Model yang terdiri dari dimensi, empathy, persuasion, impact dan communication, maka dieroleh hasil sebagai berikut, pada dimensi empathy memperoleh skor rata-rata 4,640 yang menurut Epic Model masuk dalam rentang skala sangat efektif, pada dimensi persuasion memperoleh skor rata-rata 4,150 yang menurut Epic Model masuk dalam rentang skala efektif, pada dimensi Impact memperoleh skor rata-rata 4,145 yang menurut Epic Model masuk dalam dalam rentang skala efektif, sedangkan untuk dimensi communicaton meperoleh skor rata-rata 4,335 yang menurut Epic Model masuk dalam rentang skala sangat efektif.
ABSTRACT
Epic Model is a method to measure effectiveness a advertisement developed by A.C Nielsen one of research in the a well known marketing reseach company in the world has developed four aspects that are: empathy, persuasion, impact, and communication. This measurement is to know effectiveness displayed by advertisement in television. Noodles product of Sedaap, nowadays, covers about 12% of noodle market compartment, it is because advertisement and promotion run by Wings Food was very precise. So that to know effectiveness of an advertisement we can use measurement method that is Epic Model.
This Research type is quantitative whith approach which is used in this research is survey, this research is conducted to 96 respondents in dormitory sunan Ampel Al-Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Intake technique for sampel which is used in this research is the accidental sampling. Data analysis technique is (1) validity and reabilities of items test of Questionnaire, (2) simple tabulation analysis and mean score.
From the research of noodle television advertisement effectiveness of Sedaap version " taste never says a lie" by using method of Epic Model which consists of dimension, empathy, persuasion, and impact of communication, shows as follows: at dimension of empathy obtain; get mean score 4,640 which is according to Epic Model, it is on the spanning scale of very effective, at dimension of persuasion obtain, get mean score 4,150 which is according to Epic Model it is on the spanning of effective scale, at dimension of Impact obtain; get mean score 4,145 which is according to Epic Model it is on the spanning of effective scale, while for the dimension of communication obtain; get mean score 4,335 which is according to Epic Model it is on spanning scale of very effective
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Efektivitas iklan mie Sedaap; Epic Model; Effectiveness Advertisement Sedaap Noodles | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:43 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44239 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |