Akbar, Arief Abdullah (2009) Hubungan antara Kemasan dengan Minat Membeli Produk minuman sari apel PT. Kusuma Agrowisata Batu – Malang studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi tahun angkatan 2008-2009. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04410079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
PT. Kusuma Agrowisata Batu-Malang adalah salah satu perusahaan sari apel yang berdiri sejak tahun 1994. Memproduksi minuman sari apel dengan menggunakan buah apel asli yang di produksi oleh PT. Mannasatria Kusumajaya Perkasa Batu-Malang. PT. Kusuma Agrowisata Kota Batu-Malang adalah sebuah perusahaan minuman sari apel yang membuat kemasan khas pada produknya dan dapat mengkomunikasikan isi produk dengan kemasan transparan menarik minat membeli konsumen kemudian memutuskan untuk membeli.
Sebuah inovasi dilakukan dengan meninggalkan ciri khasnya yaitu dengan kemasan baru yang dipandang lebih ngetren untuk menarik minat. Seperti diketahui , kemasan haruslah sesuai dengan kemauan konsumen hingga dipandang perlu mengetahui seefektif apakah sebuah tersebut memasarkan produk.
Adapun tujuan. Penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui tingkat persepsi kemasan produk minuman PT. Kusuma Agrowisata Batu-Malang, (2) untuk mengetahui bagaimana tingkat minat membeli konsumen, (3) kemudian untuk mengetahui hubungan kemasan dengan minat membeli produk PT. Kusuma Agrowisata.
Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kuantitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional. Adapun Populasi didasarkan pada mahasiswa yang pernah mengkonsumsi produk minuman sari apel PT. Kusuma Agrowisata yaitu sebanyak 53 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah populasi yaitu 53 orang. Dalam penelitian ini tehnik pengambilan data menggunakan angket, wawancara. Data yang diperoleh dari angket, kemudian dianalisa dengan relibility dan validitas kemudian dianalisa dengan pengkategorian dan corelasi product moment. Berdasarkan hasil analisa adapun tingkat persepsi kemasan yaitu kategori sedang dengan prosentase 64,2%. Kemudian minat membeli konsumen tergolong sedang dengan prosentase 73,6%. Dari uji korelasi dengan bantuan SPSS 15 For windows menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dan cukup kuat antara kemasan (X) (R=0.437 dengan p=0.001) dengan minat (Y). Maka hipotesis (Ha) yang berbunyi” ada hubungan positif antara kemasan dengan minat membeli” diterima. Dengan demikian jika kemasan produk semakin positif maka minat membeli konsumen akan meningkat pula.
ABSTRACT
PT. Kusuma Agrowisata Batu-Malang is one of apple extract companies in Malang that was founded in 1994. The company produces apple extract drinks that uses original apples that come from PT. Mannasatria Kusumajaya Perkasa Batu-Malang. Kusuma Agrowisata Batu Malang is a apple extract drinks company that uses typical package for its product and gains success in communicating the product content by using transparent package that attracts the buyers interest and encourages them to buy the product.
The company implements innovation to leave its typical feature by offering new package considered as trendier package in order to attract the consumers. As known before, the package must match with the consumers’ interest and be effective in marketing the product.
The purposes of the research are (1) to know the level of perception of the drinks product package of PT. Kusuma Agrowisata Batu-Malang, (2) to know the level of consumers’ interest in buying the product, (3) and to know the correlation between the package and the buying interest for the product of PT. Kusuma Agrowisata.
The research uses paradigm of quantitative research and the kind of research is correlation research. The population is based on the 53 students and the sample of this research covers 53 students. In this research, the data gathering technique uses questionnaire and interview. The data gained from questionnaire was analyzed by using reliability and validity technique before it was analyzed by using categorizing and moment product correlation. Based on the analyses result, the perception of consumer is categorized into average category with percentage of 64,2%. While the buyer interest is categorized into average the percentage of 73,6%. From the correlation test by using SPSS 15 for Windows it shows that there is significant correlation between package (X) (R = 0,437 with p=0,001) with interest (Y). So a hypothesis (Ha) that states “there is positive correlation between the package with buying interest” is confirmed. Therefore if the product package is more positive, the buying interest is increasing too.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kurniawati, Endah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kemasan; Minat Membeli; Sari apel; Package; Buying interest; Apple Extract | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:38 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44238 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |