Syarifah, Syarifah (2007) Responsi Konsumen terhadap Telkom Flexi Trendy dengan Pendekatan Model Logit: Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03220028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (527kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Persepsi adalah fungsi yang penting dalam kehidupan, yang dengannya manusia mengerti apa yang bermanfaat bagi dirinya dan apa yang dapat menyakitinya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan atas banyaknya perbedaan persepsi konsumen terhadap Flexi Trendy, baik konsumen yang memakai dan tidak memakai Flexi Trendy. Selain itu banyak terhadap keluhan konsumen terhadap Flexi Trendy, namun walaupun demikian masih banyak konsumen yang memakai produk ini. Keadaan ini mengharuskan PT. Telkom melakukan penyesuaikan kembali terhadap program pemasaran yang telah disusun serta memberi pelayanan yang baik terhadap konsumen. Persepsi konsumen terhadap suatu produk sangat penting, karena apabila persepsi seseorang baik terhadap suatu produk, peluang untuk memakai atau membeli produk itu akan ada. Persepsi konsumen merupakan faktor yang kuat untuk memprediksi perilaku konsumen. Dalam penelitian ini yang ingin diketahui adalah faktor yang berpengaruh terhadap persepsi dan faktor yang paling berpengaruh terhadap persepsi konsumen.
Flexi Trendy adalah produk andalan PT.Telkom, yang mempergunakan media koneksi system selulers CDMA dengan sifat Prabayar (prepaid). Penelitian dilakukan di mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Malang terhadap 55 responden dengan tiga variable bebas yaitu pemersepsi, target, dan situasi, sedangkan variable terikat adalah konsumen yang memakai Flexi Trendy dan yang tidak memakai. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kuesioner dan wawancara. Pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling, Pengujian penelitian ini menggunakan Analisis Logit. Adapun untuk menghitung Validitas dan Reliabilitas masing-masing menggunakan teknik Product Momen Pearson dan Alfa cronbach.
Hasil penelian ini menunjukan bahwa (1) faktor – faktor persepsi sangat berpengaruh terhadap baik-buruknya persepsi konsumen Flexy Trendy. (2) Faktor yang paling berpengaruh adalah faktor pemersepsi.
ABSTRACT
Perception is important role in human life, in which along with it, people understand both what will be useful and what will be useless for them. This research is done based on much difference among consumer perceptions to Flexi Trendy, both the consumers who use the Flexi Trendy and the consumers who do not use it. In addition, there are a lot of consumer complaints to the Flexi Trendy. Nevertheless, there are still a lot of consumers who use this product. This condition makes PT. Telkom must review arranged marketing programs and give a good service to the consumer. The consumer perception to a product is very important, since if someone’s perception to a product is good, there will be an opportunity to consume or buy the product. The consumer perception is a strong factor to predict consumer attitude. What will be known in this research are influential factor to perception and the most influential factor to the consumer perception.
Flexi Trendy is PT. Telkom’s bonafide product, using connection media of prepaid CDMA cellular system. The research is conducted in Economic students of UIN Malang to 55 respondents by three free variables; they are preceptor, target, and situation, while the bound variable is the consumers who both use Flexi Trendy and do not use Flexi Trendy. Data collecting technique uses questioner and interview research. Sample withdrawal uses accidental sampling. Testing to this research uses Logit Analysis, while counting each validity and reliability uses Product Moment Pearson and Alfa cronbach technique.
This research finding shows that (1) perception factors are very influential to both goodness and badness of Flexy Trendy’s consumer perception. (2) The most influential factor is preceptor factor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Persepsi Konsumen; Faktor perseps; Consumer Perception; Perception Factor | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 08:06 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 08:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44226 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |