Rohmah, Nuzulil Hidayati (2010) Manajemen Kredit untuk meningkatkan Profitabilitas pada Perum Pegadaian cabang Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05610007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Manajemen kredit sangat penting bagi lembaga keuangan terkait dengan pengelolaan dana yaitu mulai dari kredit disalurkan sampai dengan kredit tersebut lunas. Sehingga apabila manajemen dilakukan dengan maksimal maka resiko kredit macet dapat dihindarkan sehingga profitabilitas Pegadaian bisa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kredit untuk meningkatkan profitabilitas Pegadaian Cabang Singosari serta untuk mendeskripsikan manajemen kredit yang efektif dilihat dari Performance Analysis Perkreditan.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Model analisis data terdiri dari dua tahapan yaitu analisis manajemen kredit untuk meningkatkan profitabilitas, analisis Performance Analysis Perkreditan.
Dari hasil analisis manajemen Kredit pada Pegadaian Cabang Singosari menunjukan bahwa untuk meningkatkan profitabilitas diperlukan adanya tambahan modal kerja dan penentuan strategi yang tepat, diperlukan kerja sama yang baik dalam prosedur perkreditan agar tidak ada satupun yang terlewatkan, analisis kredit dengan 2 C pada kredit KCA dan 6 C pada kredit KUMK agar lebih difokuskan lagi pada Collateral (jaminan) karena digunakan untuk menutup hutang bila nasabah wanprestasi. Hasil dari Performance Analysis Perkreditan menunjukan bahwa Cash Ratio dinyatakan likuid pada tahun 2007 sebesar 218% dan tahun 2008 sebesar 168%. Loan to Asset Ratio menunjukan adanya peningkatan dalam memenuhi kredit nasabah dari tahun 2005 sebesar 86% menjadi 91% di tahun 2008. Proses pengumpulan piutang semakin cepat dari tahun 2005 sebesar 309 hari dengan tingkat perputaran piutang sebesar 1,18 kali menjadi 250 hari dengan tingkat perputaran piutang sebesar 1,46 kali pada tahun 2008. ROA, BOPO dan NPM menunjukan bahwa laba mengalami peningkatan dari tahun 2005 sebesar Rp 474.922.284 menjadi Rp 1.748.628.433 di tahun 2008, peningkatan ini menunjukan bahwa Pegadaian Cabang Singosari semakin baik dalam menjalankan semua kegiatan operasionalnya.
ABSTRACT
Credit management is essential for financial institutions related to the management of funds from loans disbursed until the loan is paid off. So that when management has done with the maximum credit risk of loss can be avoided so that the profitability of Cash Converter can increase This study aims to describe credit management to increase profitability of Cash Converter Branch Singosari and to describe an effective credit management from Performance Analysis of Credit.
This research is qualitative research with descriptive analysis. Technique of collecting data in this study is the documentation, observation, and interviews. Data analysis model consists of two stages. To credit management analysis to enhance profitability, performance analysis Credit Analysis.
From the analysis of Credit Management at Cash Converter Branch Singosari shows that to improve the profitability additional capital and appropriate strategies are required. Also good Procedure in credit process is required. The credit analysis by 2 C on KCA and 6 C on KUMK credit needs to be more focused on the Collateral (security) because it was used to cover the debt if the customer is defaulted. Results of Performance Analysis showed that the Cash Ratio is liquid in 2007 about 218% 2008 with 168%. Loan to Asset Ratio shows the increase in credit to meet customers in 2005 from 86% to 91% in 2008. The process of lending loan is faster that of in 2005 to 309 days with a turnover of receivable 1.18 times to 250 days with a turnover of receivables 1.46 times in 2008. ROA, BOPO and NPM indicated that profits had increased from 2005 amounted to USD 474,922,284 to USD 1,748,628,433 in 2008. This increase shows that the better Cash Converter Branch Singosari is better in carrying out all operational activities.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Meldona, Meldona | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Kredit; Profitabilitas; Pegadaian; Credit Management; Profitability; Pawnshop | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 08:06 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 08:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44225 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |