Penerapan pendekatan active learning dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits di MTs Al-Furqan Talok Turen Malang

Muhtadie, El Wafie Dienal (2008) Penerapan pendekatan active learning dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits di MTs Al-Furqan Talok Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03110030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Untuk berhasilnya suatu pembelajaran, pendidik memiliki peran yang sangat penting dan harus memiliki berbagai macam kemampuan diantaranya membekali diri dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan keterampilan seperti mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, penggunaan media, menguasai landasan pendidikan, mengelola interaksi belajar mengajar, menilai prestasi siswa, melayani bimbingan dan penyuluhan serta memilih pendekatan belajar mengajar yang tepat. Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor atau komponen pendidikan yang sangat menentukan berhasil tidaknya suatu pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif adalah pendekatan Active Learning. Active Learning adalah sistem belajar mengajar yang menekankan keaktifan siswa secara fisik, mental, dan intelektual guna memperoleh hasil belajar yang berupa perpaduan antara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Maka dari itu sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam, MTs Al Furqan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitasnya dalam proses pembelajaran. Kepala sekolah selaku pimpinan dari MTs Al Furqan mulai tahun ajaran 2007-2008 mencanankan sistem pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Active Learning terhadap semua mata pelajaran, termasuk juga mata pelajaran Al Qur’an Hadits. Dengan diterapkannya pendekatan Active Learning ini diharapkan dapat mengaktifkan siswa maupun menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam kegiatan belajar siswa dan dapat meningkatkan prestasi siswa.

Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis melakukan penelitian di MTs Al Furqan Talok Turen Malang dengan rumusan masalah sebagai berikut :1) Bagaimana penerapan pendekatan Active Learning dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di Al Furqan Talok-Turen Malang. 2) Apa kendala-kendala penerapan pendekatan Active Learning dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Al Furqan Talok Turen Malang. Adapun tujuan dan dari pembahasan di atas adalah :1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan Active Learning dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Al Furqan Talok Turen Malang. 2) Untuk mengetahui kendala-kendala dalam penerapan pendekatan Active Learning dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Al Furqan Talok Turen Malang.

Sedangkan penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode interview, adapun yang menjadi responden adalah adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru bidang studi Al Qur’an Hadits dan siswa-siswi MTs Al Furqan. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, di sisni penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.

Berdasarkan hasil dari analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pendekatan Active Learning dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Al Furqan Talok Turen Malang telah memenuhi beberapa komponen diantaranya: Pengalaman, Interaksi, Komunikasi, Refleksi, di samping itu didukung oleh Sikap dan prilaku guru, dan Ruang kelas yang menunjang aktif. Adapun yang menjadi kendala dalam penerapan pendekatan Active Learning adalah (1) Terbatasnya pengetahuan guru tentang pendekatan Active Learning (2) Sarana dan prasarana yang kurang memadai. (3) Adanya faktor kemampuan dan psikologi atau karakter anak yang berbeda Solusi dan pemecahan yang dapat diupayakan yaitu(1) Guru Al Qur’an Hadits sesering mungkin untuk bertukar pendapat dengan Waka Kurikulum, guru-guru sejenis dan siswa (2) Guru Al Qur’an Hadits harus mendatangi worksop tentang pendekatan Active Learning. (3) Memberikan buku-buku referensi yang berhubungan dengan pembelajaran Active Learning pada guru Al Qur’an Hadits. (4) Melengkapi fasilitas yang mendukung dari penerapannya pendekatan Active Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sjahid, M.
Keywords: Pendekatan Active Learning; Pembelajaran Al Qur’an Hadits
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 15 Aug 2016 09:02
Last Modified: 15 Aug 2016 09:02
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4420

Actions (login required)

View Item View Item