Upaya peningkatan kualitas membaca Kitab Kuning melalui pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo

Azizah, Binti Fatatin (2008) Upaya peningkatan kualitas membaca Kitab Kuning melalui pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03110025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang semakin pesat, secara langsung maupun tidak langsung dalam dunia pendidikan akan mendapat pengaruh dari kemajuan tersebut, baik pengaruh yang bersifat positif mengembangkan dan memajukan pendidikan,lebih lebih untuk pendidikan agama khususnya mata pelajaran Bahasa Arab, karena fakta yang ada menu jukkan bahwa bahasa arab sudah mulai dikenal sejak masuknya islam kewilayah tanah air, akan tetapi bagi bangsa Indonesia bahasa arab bukanlah bahasa asing, lain halnya dengan budayanya, karena bahasa tidak bisa lepas dari budaya. Sehingga yang terjadi dalam dunia pendidikan mendapat kesulitan dalam pemahaman dan pengaplikasian materi dalam kehidupan sehari-hari apalagi bila dikaitkan dengan pemahaman kitab kuning baharsa arab juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembacaan bkitab kuning. Berawal dari pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Upaya Penigkatan Kualitas Membaca Kitab Kuning Melalui Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Probolinggo.

Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah(1).Upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kualias membaca kitab kuning melalui pembelajaran bahasa arab?,(2).materi apa saja yang disampaikan dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning?,(3).metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab? Di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo?

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu data yang disajikan berupa kata-kata atau gambaran-gambaran. Dan dalam pengumpulan data yang disajikan berupa kata–kata atau kalimat yang dipisah-pisah menurut kategori data penelitian guna untuk mendapatkan suatu kesimpulan.

Dari hasilpenelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa arab untuk menigkatkan kualitas membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Besuk Probolinggo dikatakan sudah terlaksana dengan baik dan cukup efektif, dengan adanya upaya guru dalam pelaksanaannya dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning melalui pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan bermacam-macam metode yang bervariasi maka peserta didik mampu dan senang menerima pelajaran.

Jadi dalam upaya peningkatan kualitas membaca kitab kuning, guru bahasa arab dituntut untuk memiliki kemampuan yang baik yang dapat mampu menciptakan nuansa lingkungan belajar efektif dan optimal untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zainuddin, M
Keywords: Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab; Kitab Kuning
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 15 Aug 2016 09:02
Last Modified: 16 Aug 2016 06:40
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4417

Actions (login required)

View Item View Item