Hidayatulloh, Mirza (2010) Pengaruh Ekuitas Merek Im3 terhadap Loyalitas Konsumen: Studi terhadap mahasiswa Fakultas Ekonomi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang yang menggunakan kartu Im3. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04610120.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (818kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Merek adalah inti dari nilai pemasaran (core value of marketing) (Kartajaya, 2004 :14), merek merupakan entitas penting dari produk. Selain berfungsi sebagai pembeda sebuah produk dari produk lainnya, merek juga berfungsi sebagai identitas yang dapat dijadikan alat ukur untuk mengidentifikasi sebuah produk berkualitas atau tidak. Karena itu, merek bukan hanya sebuah nama, simbol, gambar atau tanda yang tidak memiliki arti. Merek adalah nilai produk yang berperan besar dalam pengembangan bisnis perusahaan. Membangun ekuitas merek kartu selular untuk menciptakan loyalitas konsumen menjadi pilihan pada saat persaingan sudah mencapai taraf dimana produk-produk dan jasa – jasa yang ditawarkan sudah tidak lagi memiliki perbedaan yang berarti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan merek IM3 dalam membangun loyalitas konsumen. Hasilnya penelitian yang diambil dari 88 responden menunjukkan bahwa variabel-variabel ekuitas merek yaitu : variabel utilitas produk dan variabel utilitas nama merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survei dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Adapun pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik yang terdiri dari Uji non- multikolinearitas, Uji non-autokorelasi, Uji Heteroskedastisitas, Uji normalitas, Uji Linearitas.
Dari hasil analisis secara simultan dengan level of significant 5% variabel utilitas produk dan variabel utilitas nama merek mempengaruhi secara signifikansi terhadap loyalitas konsumen. Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini sebesar 43,6% dan sisanya sebesar 56,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel penelitian. Secara parsial dengan level of significant 5% variabel utilitas produk dan variabel utilitas nama merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Adapun variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas konsumen adalah variabel nama merek sebesar 38,1%.
ABSTRACT
Brand is the core of the marketing value (core value of marketing) (Kartajaya, 2004: 14), the brand is an important entity of the product. In addition to functioning as a product differentiator from other products, the brand also serves as an identity that can be used as a measurement to identify whether a product has a good quality or not. Therefore, the brand is not just a name, symbol, image or sign that has no meaning. Brand is the value of products that play a major role in business development of company. To build brand equity of card provider to create customers loyalty a choice when the competition has reached the stage where products and services offered are no longer in having a significant difference.
This study aims to determine the power of IM3 in building brand loyalty. The results of research are taken from 88 respondents indicated that brand equity variables, namely: utility products variable and utility brand name variable affect consumer loyalty. This study used survey methods and a quantitative approach with multiple regression analysis. The testing instrument used validity test, reliability test, and classical assumption of non-multicollinearity Test, Test of non-autocorrelation, Heteroskidastity Test, Test for normality, linearity test.
From the analysis simultaneously with the level of significant 5% of the utility product variable and utility brand name variables affect significantly to the consumer loyalty. The amount of the independent variables affect the dependent variable in this study and the remaining 43.6% 56.4% influenced by other variables outside of the study variables. Partially by the level of significant 5% the utility product variable and utility brand name variable have a significant influence on customer loyalty. The dominant variable affecting consumer loyalty is the brand name variable for 38.1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Utilitas Produk; Utilitas Nama Merek; Utility Products; Utility Brand Name | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:48 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44140 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |