Munawwaroh, Mufidatul (2009) Hubungan antara motivasi belajar dengan penyesuaian diri pada santri baru Ponpes Putri Al-Islahiyah Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04410070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (473kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penyesuaian diri sebagai aspek penting yang sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupannya harus bisa dilakukan dengan baik oleh siapa saja dan dimana saja karena penyesuaian diri adalah syarat utama bagi keharmonisan dalam kehidupan manusia. Penyesuaian diri juga merupakan aspek penting dalam pencapaian tahapan-tahapan perkembangan yang dialami manusia secara lebih matang. Untuk itu kemampuan menyesuaikan diri yang baik harus dimiliki oleh setiap individu dari manusia. Di dalam lingkungan pesantren para santri baru dituntut untuk bisa menyesuaikan diri, mulai dari teman-teman yang baru, mata pelajaran baru, dan para guru-guru yang baru, sehingga santri baru bisa memotivasi belajarnya lewat penyesuaian diri di dalam pesantren tersebut.
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat motivasi belajar santri baru Ponpes Putri Al-Islahiyah Singosari, bagaimana tingkat penyesuaian diri santri baru Ponpes Putri Al-Islahiyah Singosari, dan apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan penyesuaian diri pada santri baru Ponpes Putri Al-Islahiyah Singosari. Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi belajar santri baru putri ponpes Al- Islahiyah Singosari, bagaimana tingkat penyesuaian diri santri baru Ponpes Putri Al-ISlahiyah Singosari, dan mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan penyesuaian diri santri baru Ponpes Putri Al-Islahiyah Singosari.
Populasi dalam penelitian ini sejumlah 40 santri baru. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner motivasi belajar pada santri baru putri di Ponpes Al-Islahiyah Singosari dan kuesioner penyesuaian diri santri baru putri Al- Islahiyah. Sebelum penyebaran kuesioner, peneliti juga melakukan wawancara dengan beberapa santri baru. Data dianalisis dengan Product Moment Correlation dari Pearson, untuk realibilitas peneliti menggunakan rumus Alpha Cronbach.
Berdasarkan analisa penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut: 17 santri 42,5% berada pada kategori tinggi pada variable motivasi belajar, 32,5% dari 13 santri berada pada kategori rendah dan 25% santri berada pada kategori sedang yaitu 10 santri. Untuk tingkat penyesuaian diri sedang, 27,5% santri yang memiliki penyesuaian diri tinggi, dan 25% santri yang memiliki penyesuaian diri rendah. Hasil analisis korelasi menyatakan ada hubungan antara motivasi belajar dengan penyesuaian diri santri baru ponpes Putri Al_islahiyah Singosari, dengan nilai rxy=0,405. Semakin tinggi motivasi belajar, maka semakin tinggi pula penyesuaian diri santri baru di Ponpes Putri Al-Isalahiyah Singosari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Soleh, A. Khudori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Penyesuaian Diri | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:02 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2023 09:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44117 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |