Prastyo, Angga Teguh (2008) Nilai-nilai Ma'rifatullah dalam pendidikan agama Islam: Telaah atas karya KH. Muchtar Adam dan Fadlullah Muh. Said, "Ma'rifatullah membangun kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, sosial, dan Akhlakul karimah". Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03110021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ma'rifatullah sebagai warisan kekayaan Islam harus terus dijalankan dan dikawal proses transformasi pengetahuan dan nilai (transfer of knowledge and values) yang terkandung didalamnya. Dalam lintasan sejarah, ma'rifatullah telah membuktikan dirinya sebagai salah satu penjaga benteng akidah tertangguh umat Islam. Ini tak lepas dari dalamnya kandungan ajaran yang dikandungnya sehingga membuat siapa saja yang mempelajari ma'rifatullah seakan-akan disuguhi dengan berbagai menu makanan qalbu dan akal yang menyehatkan ruang batin dan fikir yang mempelajarinya.
Menghadapi alam modern ini, ma'rifatullah dihadapkan pada tantangan kehidupan yang semakin kompleks. Ini yang membuat manusia terkadang melupakan kewajiban suci menjalankan tugas kekhalifahannya di muka bumi. Penyebab salah satunya adalah karena mulai bergesernya sebagian watak manusia dari orientasi hidup beramal kebajikan menjadi mengejar gaya hidup hedonis dan materialistik. Nilai-nilai dari ma'rifatullah sendiri sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan.
Untuk itu, dalam jaman kontemporer ini, dirasa perlu dicari pendekatan sinergis yang dapat membangkitkan kembali minat manusia membuka dan mempelajari nilai-nilai ma'rifatullah serta ruang untuk mengaplikasikanya terutama dalam dunia pendidikan agama Islam.
Pendekatan yang dipakai haruslah mampu merepresentasikan nilai-nilai yang terkandung dalam ma'rifatullah yang mempunyai relevansi kuat dengan jaman kekinian. Antara ma'rifatullah dengan pendekatan yang dipakai, dituntut selaras dengan visi pendidikan agama Islam. Sebagaimana diketahui bahwa visi pendidikan agama Islam tak lepas dari menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga pada proses mengimani ajaran-ajaran Islam dalam kehidupannnya, atau bisa dikatakan suautu usaha untuk mengubah tingkah laku individu dalam kehidupan pribadinya, kehidupan kemasyarakatannya dan kehidupan alam sekitarnya melalui proses pendidikan yang dilandasi oleh nilai- nilai Islami, agar nantinya peserta didik mampu, sanggup dan terampil dalam menjalankan kehidupan sebagai upaya menjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya.
Menjawab tantangan seperti itu, maka dibutuhkan sebuah analisis yang tepat mengenai kesesuaian nilai-nilai ma'rifatullah dengan kondisi sekarang, serta penerapannya pada pendidikan agama Islam. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah model pendidikan yang bisa memasukkan nilai-nilai ma'rifatullah pada kehidupan modern. Pendekatan tersebut adalah pendekatan kontekstual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai; Ma'rifatullah; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2016 15:59 | ||||||
Last Modified: | 19 May 2023 09:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4411 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |