Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMA Islam Al-Maarif Singosari Malang

Amin, Muhammad (2008) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMA Islam Al-Maarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03110017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (964kB)

Abstract

INDONESIA:

Mutu Pendidikan atau mutu KBM di Indonesia ini masih sangat rendah dibandingkan negara-negara lain, untuk itu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia ini sangat diperlukan usaha dari berbagai pihak. Pihak-pihak tersebut selain pemerintah dan masyarakat adalah kepala sekolah. Karena Kepala sekolah adalah sebagai pemimpin di lembaga pendidikan, oleh sebab itu kepala sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu KBM. Meningkatnya mutu KBM dapat diukur melalui beberapa syarat, yaitu input, proses dan output. Input adalah cara sekolah menyaring calon siswa, sedangkan proses adalah suatu cara baik pengajaran maupun belajar di sekolah yang dipimpin oleh seorang guru (Kegiatan Belajar Mengajar), sedangkan output adalah hasil dari proses tersebut.

Untuk meningkatkan mutu KBM tersebut, maka harus ada tindakan atau upaya dari kepala sekolah, upaya-upaya tersebut adalah meningkatkan profesionalisme tenaga pendidikan, memberikan nasihat dan dorongan kepada warga sekolah, melaksanakan model pembelajaran yang menarik, menggunakan waktu belajar secara efektif di sekolah, dan selalu memberikan supervise/pengawasan kepada tenaga pendidikan.

Dari latar belakang tersebut, penelitian ini ingin mengetahui sampai mana Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu KBM serta Faktor apa yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan mutu KBM di SMA Islam Almaarif Singosari Malang.

Penelitian ini mempunyai tujuan, yaitu: untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu KBM di SMA Islam Almaarif Singosari Malang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan Mutu KBM di SMA Islam Almaarif Singosari Malang.

Pada dasarnya penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan dengan sejelas mungkin mengenai individu atau kelompok tertentu sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Metode deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang bersifat kualitatif dengan data yang tidak bisa direalisasikan dengan angka.

Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SMA Islam Almaarif Singosari Malang selalu mengupayakan dalam Peningkatkan Mutu KBM dengan berbagai cara, diantaranya adalah selalu mengadakan atau mengikuti training kemampuan untuk mengelola KBM, selalu mengupayakan guru sesuai kompetensinya masing-masing, selalu memberikan pembinaan atau motivasi kepada siswa, selalu mengupayakan sarana prasarana dan media pembelajaran untuk menunjang KBM, selalu mengawasi jalannya KBM.

Ada dua faktor pendukung dalam mengupayakan peningkatan mutu KBM antara lain: Pertama,Kepala sekolah selalu fokus pada pekerjaannya. Kedua, adanya kerjasama tim yang solid dan kompak antara kepala sekolah, guru dan karyawan. Sedangkan faktor penghambat dalam upaya kepala sekolah meningkatkan mutu KBM adalah: Pertama, Terdapat sebagian guru yang kurang disiplin, Kedua, Dana pendidikan yang relatif minim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nur, Muhamad Amin
Keywords: Kepala Sekolah; Mutu; Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 15 Aug 2016 08:59
Last Modified: 15 Aug 2016 08:59
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item