Khasanah, Siti Nur (2007) Efektifitas Penerapan E- commerce pada Perhotelan: Studi pada Hotel Sahid Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
03160017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (745kB) |
Abstract
Abstrak
Kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat menjadikan media elektronik menjadi media yang praktis dalam melakukan komunikasi bisnis. Globalisasi serta tingginya intensitas persaingan bisnis menuntut perusahaan untuk bisa memperhatikan dan memenuhi dinamika kebutuhan pelanggan dengan cara yang efektif dengan mengimplementasikan teknologi dalam perusahaan. Salah satunya dengan menerapkan e-commerce. Dalam penelitian ini akan dikaji mengenai tantangan atau kendala serta manfaat yang dirasakan perusahaan dalam mengimplementasikan e-commerce sebagai media pemasaran. Serta dikaji sejauh mana efektifitas penerapan e-commerce dalam perusahaan.
Penelitian ini dilakukan pada hotel Sahid Surabaya yang telah mengaplikasikan teknologi ke dalam perusahaannya diantaranya dengan menerapkan e-commerce. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Proses analisa data pada penelitian ini dengan memakai teori Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan serta verifikasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tantangan/kendala serta manfaat penerapan e-commerce serta tingkat efektifitas e-commerce pada hotel Sahid Surabaya.
Berdasarkan analisis yang ada diperoleh beberapa kendala atau tantangan dalam menerapkan e-commerce di Hotel Sahid Surabaya yaitu sulitnya penyediaan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang IT, mahalnya infrastruktur, serta masih terbatasnya ruang pasar e-commerce . Adapun manfaat yang dirasakan perusahaan dalam menerapkan e- commerce yaitu, perusahaan bisa memperluas market place hingga pasar internasional, akses informasi lebih cepat serta dapat melayani konsumen tanpa batas waktu, mendatangkan pelanggan baru, serta dapat melakukan pemupukan hubungan dengan konsumen. Akan tetapi pada penerapan e-commerce, kendala yang dihadapi dengan biaya yang cukup besar belum bisa mendapatkan timbal balik yang berarti bagi pihak manajemen. Sehingga e-commerce masih belum efektif untuk diterapkan.
Abstract
The quick progress of information technology makes an electronic media practical in building up business communication. Globalization and high intention of business rivals demand the company to care dynamical needs and to fulfil the consumers’ needs effectively with the implementation of technology in the company. One of the ways is to apply e-commerce. This research studies about the obstacles or the advantages caused by e-commerce in the company which is applying it as marketing media and also the effectiveness of applying it for the company.
This research was conducted in Hotel Sahid Surabaya which has been applying technology with e-commerce in the company. This research is qualitative. The data analysis uses theory of Milles and Huberman that consist of data reduction, presentation, conclusion and verification. The goals are to know the obstacles and anvantages of applying e-commerce and degree of the effectiveness of applying it in hotel Sahid Surabaya.
Based on the data analysis, it was found that the obstacles in applying e-commerce were difficult, such as the difficulty of having human resources in IT (Information technology ) field, the high cost of infrastructure, and the limitation of e-commerce marketing place. The advantages in e-commerce are the large chance of market place to the international market, the fast information access, unlimited time to serve consumers, good occation to invite new consumers, and effort to make good relations with consumers. Nevertheless, to apply e-commerce faces the high cost that is not suitable to the management which makes e- commerce uneffective to be applied.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rozi, M. Fatkhur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Efektifitas; e-commerce; perhotelan; Effectiveness; E-commerce; Hotel field | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:04 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44079 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |