Ummiyatun, Ummiyatun (2007) Analisis perbedaan Sikap Konsumen terhadap Pemilihan Atribut Produk: Studi pada Produk Olay dan Pond’s. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02220097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak
Selera dan minat kosumen akan produk kecantikan dapat tercermin dalam sikap dan perilaku konsumen dalam pembelian suatu produk kecantikan. Sikap yang ada pada konsumen akan menentukan perilaku pembeliannya, sehingga untuk mempengaruhi perilaku pembeli dapat dilakukan dengan jalan mempengaruhi sikapnya terlebih dahulu. Konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk akan selalu memperhatikan beberapa atribut yang melekat pada suatu produk barang dan jasa. Di banyak negara, Unilever hampir selalu terlibat persaingan sengit dengan P&G. Tak terkecuali pada dua produk andalan mereka yaitu Pond’s dan Olay yang merupakan produk terbaru dari perusahaan masing-masing. Obyek dari penelitian ini adalah kedua produk tersebut. Karena termasuk produk yang generic dan masyarakat pun mudah mendapatkan kedua produk tersebut di pusat – pusat perbelanjaan. Selain itu Pond’s merupakan salah satu dari 40 produk yang meraih penghargaan Indonesian custumer satisfaction award (ICSA) 2001.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel – variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Alat analisis yang digunakan adalah analisis diskriminan dengan tujuan membentuk fungsi diskriminan, menguji perbedaan antar kelompok (dalam hal ini variabel independentnya), menentukan kontribusi (pengaruh) dari variabel bebas yang paling besar dan mengevaluasi ketepatan model diskriminan yang terbentuk.
Berdasarkan hasil analisis diskriminan untuk produk Pond’s, maka diketahui terdapat dua atribut terpenting yang membedakan sikap konsumen antara yang bersikap positif dan negatif yaitu atribut produk sebesar 0,831 dan atribut merek sebesar 0,638. Sedangkan untuk kategori produk Olay berdasarkan hasil analisis diskriminan, maka diketahui terdapat tiga atribut terpenting yang membedakan sikap konsumen antara yang bersikap positif dan negatif yaitu atribut jaminan sebesar 0,588, atribut produk sebesar 0,448 dan atribut kemasan sebesar 0,400.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sikap; Atribut Produk | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:09 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44063 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |