Syaipullah, Syaipullah (2007) Pengaruh Pesan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha pada Dealer Sepeda Motor Yamaha Unggul Motor di Oro-oro Dowo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
02220092.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarberlakangi oleh kegiatan periklanan sepeda motor Yamaha. Dalam mengiklankan produk Yamaha perlu adanya sebuah media penghubung antara konsumen dengan perusahaan yaitu dengan cara melalui iklan sebagai media komunikasi antara perusahaan dan konsumen. Agar iklan berkesan di hati konsumen, perlu adanya pesan iklan yang menarik dan dapat mempengaruhi konsumen dalam membeli produk yang diiklankan. Pesan iklan yang menarik dan dapat mempengaruhi harus terdapat tiga unsur yaitu: daya tarik pesan, gaya dalam pesan, kata dan format pesan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pesan iklan yang terdiri dari daya tarik pesan, gaya dalam pesan, kata dan format pesan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bersifat empiris, yang dilakukan pada dealer sepeda motor Yamaha Unggul Motor Oro-Oro Dowo Malang. Jenis sumber data yang di pakai adalah data primer dengan mengambil sample dari responden konsumen dealer Yamaha Unggul Motor Oro-Oro Dowo Malang dan data sekunder dengan menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi, metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriftif kuantitatif dan kualitatif.
Dari hasil analisi menunjukan bahwa responden terbesar adalah laki-laki (74,1%), tingkat umur 18-30 tahun (41,1%), tingkat pendidikan S1 (34,2%), pendapatan diatas 1 juta 250 ribu (38,6%), dan pekerjaan pegawai swasta (46,2%). Dari hasil analisis regresi linier berganda di dapat nilai Rsquare sebesar 0,309 atau bersrti 30,9% perubahan yang terjadi pada variable terikat (keputusan pembelian) di pengaruhi oleh variable bebas ( pesan iklan : daya tarik pesan, gaya dalam pesan, dan kata dan format pesan). Secara simultan dari hasil uji F di dapat nilai 0,000 yang berarti bahwa secara bersama sama daya tarik pesan, gaya dalam pesan, kata dan pesan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variable yang dominant mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada dealer sepeda motor Yamaha Unggul Motor Oro-Oro Dowo Malang adalah daya tarik pesan (X1), yaitu sebesar 0,449
Abstract
This research background by activity of motorbike advertisement of Yamaha. In advertising product of Yamaha need the existence of a link media between consumer with company that is by passing advertisement as communications media between consumer and company. So that advertisement impress in consumer liver, need the existence of message of interesting advertisement and can influence consumer in buying advertised product. Message of interesting advertisement and can influence have to there are three element that is: message fascination, style in message, message format and word.
This research is conducted as a mean to know influence order advertisement which consist of message fascination, style in message, format and word order to decision of purchasing. This research have the character of empiric, conducted at Dealer sepeda motor Yamaha Unggul Motor Oro-Oro Dowo Malang. Type of is source of data which in wearing is primary data by taking sample of consumer responder of Dealer Yamaha Unggul Motor Oro-Oro Dowo Malang. and data of sekunder by using method data collecting of documentation, analysis method the used is analysis of deskriftif quantitative and qualitative.
From result of that biggest responder is men ( 74,1%), storey; level old age 18-30 year ( 41,1%), storey; level education of S1 ( 34,2%), earnings above 1 million 250 thousand ( 38,6%), and work of officer of private sector ( 46,2%). From result of analysis of regresi doubled linear in earning value of Rsquare equal to 0,309 or 30,9% change that happened at variable tied ( decision of purchasing) in influencing by free variable ( message of advertisement : message fascination, style in message, and message format and word). By simultan from result of test of F in earning value 0,000 meaning that is same collectively message fascination, style in message, message and word have an effect on to decision of purchasing. Variable which is dominant influence decision of purchasing of motorbike of Yamaha at motorbike sealer of Yamaha Unggul Motor Oro-Oro Dowo Malang is message fascination ( X1), that is equal to 0,449.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pesan Iklan; Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha; Advertisement Message; Decision Purchasing Of Motorbike Yamaha Brand | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:09 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44056 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |