Sa’adah, Nur Hikmatus (2007) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Pasien di RSUD Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
02220082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (658kB) |
Abstract
Abstrak
Sehubungan dengan semakin tingginya tingkat harapan hidup di dalam masyarakat akan dapat menimbulkan kesadaran yang tinggi pula terhadap pentingnya kesehatan. Oleh karena itu jasa dibidang kesehatan akan sangat diperlukan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat. Rumah sakit adalah organisasi yang bergerak dibidang jasa dengan tujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan dalam bentuk perawatan, pemeriksaan, pengobatan, dan bentuk tindakan medis lainnya kepada masyarakat yang membutuhkan. Berdasarkan tujuan rumah sakit, maka dapat dikatakan bahwa rumah sakit menempatkan aspek sosial sebagai prioritas utamanya. Namun disamping itu rumah sakit juga harus selalu menjaga kelangsungan hidup dan kesetabilan kegiatannya melalui pengelolaan profesional dengan memperhatikan prinsip- prinsip manajemen sebagaimana organisasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (Technical Quality, Functional Quality, Image) terhadap kepuasan pasien di RSUD Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo secara simultan dan untuk mengetahui indikator kualitas pelayanan (Technical Quality, Functional Quality, Image) yang mempunyai pengaruh dominan secara parsial terhadap kepuasan pasien di RSUD Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo.
Penelitian ini dilakukan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan Proolinggo. Dengan pendekatan Explanatory Research, yang berupa data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa:Technical quality, functional quality, dan image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien RSUD Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis pertama terbukti benar.Secara parsial (Technical quality, functional quality, dan image) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan RSUD Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis kedua terbukti benar.Dilihat dari koefisien regresinya diketahui bahwa koefisien regresi variabel Functional Quality lebih besar dibandingkan dengan koefisien regresi variabel yang lain. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel functional quality memiliki pengaruh dominan atau memiliki pengaruh lebih besar terhadap kepuasan pelanggan RSUD Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo dibandingkan dengan variabel technical quality dan image. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis ketiga juga terbukti benar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pasien | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:09 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44051 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |