Martutik, Anik Tri (2010) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap keputusan Konsumen pengguna jasa Catering pada Pt. Sonokembang Wahana Jaya Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04210008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
PT. Sonokembang Wahana Jaya merupakan salah satu perusahan catering yang ada di Kota Malang yang telah menggunakan bauran pemasaran jasa dengan baik, bauran pemasaran yang digunakan oleh PT. Sonokembang Wahan Jaya meliputi, produk, harga, promosi, orang, bukti fisik, dan proses, seperti halnya jasa boga yang lainnya yang menyediakan makanan untuk berbagai macam acara dan pesta dengan variasi makanan yang beraneka ragam dan bentuk penyajian yang menarik. Cita rasa yang tinggi dan totalitas dalam pelayanan baik dari para juru masak (koki) servise tim manger, merupakan salah satu kelebihan dari jasa catering PT. Sonokembang Wahana Jaya Malang. Tingginya persaingan yang terjadi dalam pasar catering yang ada di Kota Malang, mengharuskan PT. Sonokembang Wahana Jaya memiliki strategi bersaing yang lebih efektif, salah satunya dengan meningkatkan strategi bauran pemasaran jasa. Dengan tujuan agar PT. Sonokembang Wahana Jaya dapat menguasai pangasa pasar yang lebih besar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian explanatory (penelitian penjelasan). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, kuesioner, dan dokumentasie. Sampel yang digunakan sebanyak 68 konsumen yang telah menggunakan jasa catering. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji multikolinieritas, uji normalitas, regresi linier berganda dengan uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75,4% variabel keputusan konsumen dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu produk (X1), harga (X2), promosi (X3), orang (X4), bukti fisik (X5), proses (X6). Sedangkan sisanya 24,6% variabel keputusan konsumen akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil analisis uji t (parsial) dan uji F (Simultan) menunjukkan bahwa semua variabel bauran pemasaran produk (X1), harga (X2), promosi (X3), orang (X4), bukti fisik (X5), proses (X6) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa catering pada PT. Sonokembang Wahana Jaya Malang.
ABSTRACT
PT. Sonokembang Wahana Jaya is one of catering companies in Malang, which has used mixed marketing of service better mixed. Marketing used at PT. Sonokembang Wahana Jaya includes product, price, promotion, people, physical evidence, and process, as other sort of services by boga which provides many kinds foods with interesting display form. High sense and totality in good service of some chefs from manager team service is representing one of the catering service at PT. Sonokembang Wahana Jaya Malang. Haigh competition happened in catering market in Malang, requires PT. Sonokembang Wahana Jaya Malang to own its competition strategy more effective. One of them is by improving service mixed Marketing strategy which is, with a purpose to expand its market couerage.
This research is explanatory research (clarification research). Data collecting technique covers interview, questioner, and documentation. By sample of 68 consumers which has used catering service. The test used are validity test and reability test, multylinear test, normality test, and doubled linear regression, with T- test and F- test.
Result of research indicates that 75,4 % consumer decision variable is influenced by its free variable. They are product (X1), promotion (X3), people (X4), physic evidence (X5), and process (X6). While their rest, 24,6 % consumer decision variable will be influenced by other variables beyond the focus of this research. The result of T-test (partially) and F test (intactly) shows that any mixed marketing variable of product (X1), promotion (X3), people (X4), physic evidence (X5), and process (X6) have significant effects to consumer decision that use catering service at PT. Sonokembang Wahana Jaya Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bauran Pemasaran; Keputusan Konsumen; Marketing Hotchpotch; Consumer Decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:09 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44043 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |