Alimuddin, Akhyar (2007) Pengaruh faktor Psikologis terhadap keputusan Konsumen untuk menggunakan Jasa Transportasi Kereta Api: Studi pada Kereta Api Penataran tujuan Malang-Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02220035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak
Kereta Api merupakan salah satu sarana transportasi darat yang diminati banyak orang karena mampu mengangkut penumpang maupun barang dalam jumlah besar. meskipun dalam kenyataannya, kereta api memiliki beberapa kelemahan, ternyata hal tersebut tidak berpengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat untuk tetap memilih menggunakan jasa angkut Kereta Api Penataran tujuan Malang-Blitar dalam memenuhi kebutuhan transportasi daripada menggunakan jasa transportasi lainnya.
Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (Explanatory Research ) untuk mengamati pengaruh faktor psikologis masyarakat terhadap keputusan pembeliannya dalam mengunakan jasa transportasi Kereta Api Penataran tujuan Malang-Blitar. Metode penelitian yang dipakai adalah metode survey, sedangkan teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan metode kuisioner, yang digunakan pengukuran adalah Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan dan Sikap responden dengan menggunakan skala Likert. Sedangkan analisa data menggunakan analisa deskriptif, regresi linier berganda dan parsial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Motivasi (X₁), Persepsi (X₂), Pembelajaran (X₃), Keyakinan dan Sikap (X₄), secara simultan mempunyai hubungan sedang dan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi Kereta Api Penataran tujuan Malang-Blitar (Y) dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,665 (66,5%) dan tingkat signifikansi 0,000 serta nilai F hitung sebesar 15,851. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diperoleh adalah sebesar 0,414 (41,4%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara bersama-sama dan parsial kempat variabel faktor psikologis tersebut berpengaruh pada keputusan konsumen untuk menggunakan jasa transportasi Kereta Api (KA) Penataran. Sedangkan variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel Motivasi karena mempunyai nilai beta sebesar 0,445 dan nilai t hitung sebesar 5,182. Oleh karena itu hendaknya manajemen KA Penataran memperhatikan keempat variabel tersebut dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, terutama variabel Motivasi yang memiliki kontribusi paling besar dalam melakukan keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Faktor Psikologis Motivasi, Persepsi; Pembelajaran; Keyakinan & Sikap; Keputusan Pembelian; Jasa Transportasi | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:08 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44008 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |