Latif, Linda (2009) Hubungan kecerdasan Emosional dengan Self Regulation pada siswa kelas 1 SMP Al Azhar Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
034410035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (742kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Makin kompleksnya tuntutan hidup, mendorong siapapun untuk bisa tetap eksis menghadapi kehidupan, termasuk siswa yang dituntut untuk memiliki kapabilitas yang bukan sekedar dibidang akademik maupun fisik, tapi juga di butuhkan kecerdasan emosional yang tidak sedikit. Munculnya konsep self regulation dalam dunia psikologi pendidikan, diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan siswa. Adanya pengabaian pada pentingnya kecerdasan emosional dan self regulation ini menjadi latar belakang diadakannya penelitian.
Kecerdasan emosional adalah suatu kecakapan yang meliputi kemampuan mengendalikan diri sendiri (self control), memiliki semangat dan ketekunan (zeal dan persistence), memotivasi diri sendiri (ability to motivate oneself), ketahanan menghadapi frustasi, kemampuan mengatur suasana hati (mood) dan kemampuan menunjukkan empati (emphaty), harapan serta optimisme. Self regulation adalah kemampuan seseorang untuk menghadapi tantangan serta mengkombinasikan antara pengharapan yang positif dan motivasi serta berbagai strategi untuk pemecahan masalah yang mencakup aspek personal (kognitif, dan afektif/emosional), prilaku (behavioral) dan kontektual.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan self regulation siswa SMP Al Azhar serta hubungan antara keduanya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif, yaitu dengan mengkomparasikan kecerdasan emosional dengan elf regulation siswa. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMP AL Azhar dengan jumlah sampel 60 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional untuk mengetahui hubungan antara dua variabel ataupun lebih. Dengan teknik pengambilan sampel secara populasi (purposif sampling) pada siswa kelas 1 SMP Al Azhar Pasuruan sebanyak 60 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan self regulation siswa kelas 1 SMP AL Azhar Pasuruan dengan nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0.282 > α 0.031
ABSTRACT
Demand of life is more complex, so it forces whoever to be exis in facing life. And also with students, they are demanded to have the capability as agent of change to take up country leadership. Not only the must have ability in academic and physical, but also need to have much emotional intelligence. Many bad cases about student which show that low in their emotional intelligence, it can make educational world is more worry, and finally, appear a concept “self regulation” which is hoped it will be able to fulfill the students need to be independent human and forceful in facing life.
Emotional intellegence is a skill which is consist of ability to self control, has zeal and persistence, ability to motivate oneself, endurance in facing frustation, ability to manage mood and ability to show emphaty, hope and optimize self regulation is ability of someone to face challenge and combine between positive hope, motivation and some strategies to solve problem which includes personal aspect (cognitive and emotional), behavior and contextual.
This research was correlation quantitatif approachment to know the relation between two variables to more. By using tecnique of taking sample in population to sixty students in the first grade of Al Azhar Junior High School of Pasuruan.
The result of this research shows that : 1) Degree of emotional intelligence for student in Al Azhar Junior High School is average. 2) Degree of self regulation for student is also average 3) The relation between emotional intelligence and self regulation shows with sicnificance degree 0,05 shows relation between emotional intelligence with self regulation for student in Al Azhar Junior High School of Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kecerdasan emosional; self regulation; Emotional intelligence; self regulation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 09:45 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 09:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43998 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |