Ivansyah, Moch Tito (2007) Analisis analisis Persepsi Nasabah terhadap pengelolaan Dana Murabahah di BMT-MMU Sidogiri Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
01220038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (882kB) | Preview |
Abstract
Abstrak
Baitul Maal Wattamwil (BMT) adalah lembaga keuangan yang berupaya mengembangkan usaha-usaha produktif, investasi dengan sistem bagi hasil, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Salah satu produk yang ada di BMT MMU Sidogiri adalah Murabahah sangat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan barang secara mendesak, namun terbatas pendanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bgaimana pengelolaan dana murabahah di BMT-MMU Sidogiri Pasuruan dan persepsi nasabah terhadap pengelolaan dana murabahah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, disebut demikian karena data yang dikumpulkan berupa kualitatif atau kata – kata, dan bukan kuantitatif yang menggunakan alat ukur,dengan harapan agar dalam penelitian ini didapatkan sebuah data model pengelolaan dana Muirabahah, dan juga persepsi nasabah terhadap pengelolaan dana Murabahah.
Berdasarkan hasil analisa bahwa pengelolaan dana murabahah sangatlah fleksibel juga cepat disebabkan oleh bahwa mutu pelayanan pengelolaan dana murabahah yang diberikan oleh pihak BMT sangatl;ah singkat juga cepat, Mutu pengelolaan juga pelayanannya sangatlah memuaskan begitu dengan para karyawan dalam melayani nasabah dengan ramah, murah senyum juga jujur. Begitu juga dengan persepsi nasabah bahwa pengelolaan dana murabahah ini sangatlah cocok membuka usaha juga pembelian barang, disini nasabah merasa puas terhadap pelayanan pengelolaan dana murabahah yang begitu simple tidak terlalu rumit seperti di bank-bank lainnya. Para nasabah juga diberikan informasi yang diperlukakan tentang fasilitas layanan murabahah dengan secara lengkap tanpa ada yang perlu disembuyikan.
Abstract
Baitul Maal Wattamwil (BMT) is a financial institution which tries to develop the productive businesses, invesment with sharing holder system for improving the citezen welfare. One of the product which is existed in BMT MMU Sidogiri is murabahah which is very useful for society which are requiring the goods importunately, but it is limited of financial. The objetive of this research is to know how the murabahah fund management in BMT-MMU Sidogiri Pasuruan and the clients’ perception to the murabahah fund management.
This research uses a qualitative method, because the data collection is in the qualitative forms or words and not a quantitative which uses measurement instrumen with the expectation that this research can be a model data of the murabahah fund management, and clients’ perception to the Murabahah fund management.
The data analysis that stated the Murabahah fund management is very flexible and also fast caused by the fund management service quality of murabahah which is given by BMT is very short and fast, the management quality and its service are very satisfying and also the employees’ service to the clients’ is friendly, smiley and fairly too. In addition, the clients’ perception is the fund management in this murabahah is the very compatible to build a business and buy the goods too, then the clients satisfied to the fund management service in murabahah which is very simple and not complicated like another banks. The clients are given information which is needed dealing with the murabahah’s service facilities completely and without being hidden.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Persepsi Nasabah; Murabahah; Clients’ Perception; Murabahah | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:07 | ||||||
Last Modified: | 27 Mar 2023 10:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43996 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |