Ubaidillah, Hoesni (2010) Analisis faktor-faktor perilaku Konsumen terhadap keputusan pembelian Produk Ponsel Nokia: Studi pada Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03220138.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan pemasaran adalah memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan sasarannya. Oleh karena itu dalam memasarkan suatu produk perlu diketahui siapa dan bagaimana konsumen yang akan menjadi pengguna produk tersebut. Hal utama agar perusahaan sukses merebut hati konsumennya yaitu perlu memahami bagaimana pola perilaku pembeliannya. Seorang konsumen dalam melakukan proses pengambilan keputusan pembelian dipengaruhi beberapa faktor antara lain yaitu kelompok referensi, kelas sosial, kepribadian/gaya hidup, motivasi, dan persepsi.
Produk ponsel merupakan produk teknologi berupa alat komunikasi yang lazim biasanya disebut handphone. Bagi masyarakat Indonesia produk ponsel sudah bukan merupakan barang yang baru karena produk ini sudah lama hadir dan hampir semua lapisan masyarakat menggunakannya. Saat ini ponsel tidak hanya digunakan sebagai sarana komunikasi tetapi juga digunakan untuk meningkatkan prestise dan mengikuti trend atau gaya hidup. Begitu juga dengan produk ponsel yang sekarang ini sedang berkembang pesat. Produk ponsel Nokia yang selalu mengeluarkan berbagai inovasi akan dapat menarik minat konsumen. Dalam hal ini konsumen akan dimanjakan dengan berbagai produk yang sangat menarik.
Penelitian ini meneliti tentang faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen (Y) yaitu meliputi faktor kelompok referensi (X1), kelas sosial (X2), kepribadian/gaya hidup (X3), motivasi (X4), dan persepsi (X5) terhadap produk ponsel Nokia. Penelitian ini dilakukan pada santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Accidental Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 62 responden. Model analisis yang digunakan adalah uji hipotesa dan regresi linear berganda. Sebelumnya, dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas serta uji multikolineritas terhadap data penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel kelompok referensi (X1),kelas sosial (X2), kepribadian/gaya hidup (X3), motivasi (X4), dan persepsi (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian produk ponsel Nokia di Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. Pengaruh yang paling besar terhadap pengambilan keputusan pembelian produk ponsel Nokia adalah variabel motivasi (X4).
ABSTRACT
The aim of marketing is to meet and satisfy customer needs and desires of the target. Therefore, in marketing a product to know who and how consumers will be the users of these products. The main thing for the company to successfully win the hearts of consumers is necessary to understand how patterns of purchase behavior. A consumer's purchase decision process influenced by several factors, among others, reference groups, social class, personality / lifestyle, motivation, and perception.
Phone product is a product of technology in the form of common communication tools are usually called mobile phones. For the Indonesian people phone product is no new items for this product has long been present and almost all walks of life use it. Currently the phone is not only used as a means of communication but is also used to increase the prestige and follow the trend or lifestyle. So is the mobile phone product which is currently growing rapidly. Nokia mobile phone products that are always out various innovations will be able to attract customers. In this case, consumers will be pampered with a variety of products that are very interesting.
This study examines the factors that influence consumer purchasing decisions (Y), which includes reference group factor (X1), social class (X2), personality / lifestyle (X3), motivation (X4), and perception (X5) to your Nokia product . This research was conducted at the boarding school students Miftahul Huda Malang. Techniques used in sampling in this study is Accidental Sampling. The number of samples used in this study were 62 respondents. Model analysis method is hypothesis testing and multiple linear regression. Previously, testing the validity and reliability, the classic assumption test, test for normality and multicolinearity test of research data.
Based on the results of this study can be seen that the variable reference group (X1), social class (X2), personality / lifestyle (X3), motivation (X4), and perception (X5) has positive and significant impact on purchase decision making Nokia mobile phone products in Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. The greatest influence on product purchase decision making Nokia phones is a motivational variable (X4).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perilaku Konsumen; Keputusan Pembelian; Uji Hipotesa; Consumer Behavior; Buying Decision; Hypothesis test | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:12 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43994 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |