Buwono, Hermiko Ari (2010) Analisis faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian kartu telepon seluler Pra-Bayar: Studi Komparasi terhadap pembelian 3 jenis produk kartu telepon Seluler di Kec. Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03220049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (737kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan pemasaran adalah memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan sasarannya. Oleh karena itu dalam memasarkan suatu produk perlu diketaui siapa dan bagaimana konsumen yang akan menjadi pengguna produk tersebut. Hal utama agar perusahaan sukses merebut hati konsumennya yaitu perlu memahami bagaimana pola perilaku pembeliannya. Seorang konsumen dalam melakukan proses pengambilan keputusan pembelian dipengaruhi beberapa faktor antara lain yaitu budaya, sosial, pribadi, dan psikologi.Produk kartu ponsel prabayar merupakan produk layanan jasa yang memberikan kemudahan bagi konsumen dalam berkomunikasi. Persaingan ketat yang terjadi antar produsen kartu ponsel saat ini, mengakibatkan terjadinya perlombaan untuk menjadikan produk kartu ponselnya sebagai produk yang terbaik, yang sesuai dengan apa yang di inginkan oleh konsumen. Sehingga diharapkan agar produknya dapat memenangkan persaingan, dan mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.
Penelitian ini meneliti tentang faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen (Y) yaitu yang meliputi faktor budaya (X1), social (X2), pribadi (X3), dan psikologi (X4) terhadap produk kartu ponsel prabayar Penelitian ini dilakukan pada masyarakat umum yang berada di wilayah kecamatan Bululawang Malang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Convenience sampling atau Accidental Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden.Model analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Sebelumnya, dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji normalitas terhadap data penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3), dan psikologi (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian produk kartu ponsel prabayar di wilayah kecamatan Bululawang Malang. Pengaruh yang paling besar terhadap pengambilan keputusan pembelian produk kartu ponsel prabayar jenis XL dan Simpati adalah variabel psikologi (X4), sedangkan pada produk kartu IM3 varibel yang berpengaruh dominant adalah variable budaya (X1).
ABSTRACT
The aim of marketing is to meet and satisfy the needs and desires of the target customer. Therefore, in the marketing of a product needs to diketaui who and how consumers will be the users of these products. The main thing to keep the company successful in winning that consumers need to understand how patterns of purchase behavior. A consumer in making the purchase decision process influenced by several factors, among others, namely the cultural, social, personal, and psychology.Prepaid phone card product is a product of services that provide convenience for consumers in communication. Fierce competition that happened between the current phone card manufacturers, resulting in a race to make the cell phone card products as the best product, which according to what the consumer wants. So that products can be expected to win the competition and get consumers as much as possible.
This study examines the factors that influence consumer purchase decisions (Y), namely that include cultural factors (X1), social (X2), private (X3), and psychology (X4) to the prepaid phone card products of this research was conducted on the general public who are Bululawang on district Malang. Techniques used in sampling in this study were Convenience sampling or accidental sampling. The samples used in this study as many as 90 responden.Model analysis used is multiple linear regression. Previously, testing the validity and reliability, the classic assumption test, and test of normality of data research.
Based on these results it is known that cultural variables (X1), social (X2), private (X3), and psychology (X4) has positive and significant impact on purchase decision on the prepaid phone card products Bululawang Malang districts. The biggest influence on purchase decisions prepaid phone card product types XL and Simpati is a psychological variable (X4), whereas in variable products IM3 card which is the dominant influence of cultural variables (X1).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Karakteristik Konsumen; Keputusan Pembelian; Consumer Characteristics; Purchase Decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:11 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43984 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |