Amro, Alfu Baiduri (2009) Pengaruh Konsep Attachment terhadap loyalitas pelanggan kartu XL: Survei pada Xl Center Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04610002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (836kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan bisnis telekomunikasi di Indonesia yang mengarah pada perang tarif. Strategi perang tarif ini juga merambat pada harga kartu perdana (starter pack) yang semakin murah, di mana harga jualnya di bawah nilai pulsa yang ada di dalamnya untuk menarik pelanggan baru. Di satu sisi perusahaan berusaha untuk terus menambah jumlah pelanggannya dengan menjual kartu perdana murah, namun di sisi lain perusahaan juga dengan mudah akan ditinggalkan pelanggannya karena kartu perdana hanya digunakan sebagai Calling Card.
Konsep Attachment adalah sebuah konsep yang mencakup tentang nilai internal dan eksternal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil suatu keputusan yang dihubungkan dengan loyalitas pelanggan. Konsep ini mengandung dua variabel yaitu Preferensi Konsumen (X1) sebagai faktor internal yang berasal dari dalam diri konsumen dan lingkungannya dan Diferensiasi Produk (X2) sebagai faktor eksternal.
Lokasi penelitian pada XL center cabang Malang, besarnya sampel dapat ditentukan sebesar 100 responden dengan menggunakan rumus Malhotra yaitu jumlah sampel minimal 4 atau 5 kali dari jumlah item pertanyaan. Teknik pengukuran data menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji F dan Uji t.
Diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel preferensi dan diferensiasi terhadap loyalitas pelanggan. R Square (R2) sebesar 0,943. Maka berarti pengaruh konsep Attachment terhadap loyalitas pelanggan kartu XL dapat dijelaskan sebesar 94,3% oleh variabel preferensi (X1) dan variabel diferensiasi (X2). (2) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari variabel preferensi dan diferensiasi terhadap loyalitas pelanggan kartu XL. Hal ini dapat dilihat dari masing-masing variabel memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari α = 0,05. (3) Uji F menunjukkan bahwa variabel-variabel dari Attachment berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari Fhitung sebesar 80,041 dengan tingkat signifikansi 0,000 maka dapat dikatakan bahwa variabel-variabel Attachment (X) mempengaruhi loyalitas pelanggan (Y) secara signifikan.
ABSTRACT
This research takes its background from the harder competition within telecommunication business in Indonesia which apt to the war of rate. This war of rate also influences the cost of starter pack in which the more days passed the cheaper it become so that it could interact more new customers. The company tries to continuously persuade its customers by selling the starter pack with the cheaper one. But, on the other hand, its customer will leave easily because the starting pack is just for calling card.
Attachment concept is a concept includes the internal and the external value becoming every customer’s consideration connected to the loyalty of the customers. It consists of two variables. They are customer’s preference (X1) as the internal factor coming from the customers themselves and their environment and product differentiation as the external factor.
The research located at the center branch of XL Malang. The number of samples can be determined into 100 respondents by Malhotra formula meaning that the number of samples at least 4 or 5 times from the item questioned. The measurement technique of the data used scale Likert. Data analysis used doubled regression-linear, F-test and t-test.
The research shows as follows: (1) there is a simultaneously significant influence mostly from preference variable and differentiation variable to the loyalty of customers. R Square (R2) is 0,943. It can be concluded that the influence of Attachment concept through the loyalty of XL card customers can be 93,3% by preference variable (X1) and differentiation variable (X2). (2) There is a partially significant influence from preference and differentiation variable through the loyalty of XL card customers. It can be seen from every variable which has significant value smaller than a = 0, 05. (3) F-test shows that variables of attachment influence significantly to the loyalty of customers. This can be seen from F- count that is 80,041 with the rate of significance 0,000. Therefore, the variables of attachment (X) influence the loyalty of customers (Y) significantly.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep Attachment; Loyalitas Pelanggan; Attachment concept; the loyalty of customers | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:11 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43980 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |