Showi, Achmad (2009) Hubungan kecerdasan Emosional dengan penyesuaian sosial siswa Akselerasi SMUN 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04410030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (722kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Individu dalam kehidup an sehari-harinya dituntut untuk menjalin hubungan dengan individu yang lain. Melalui proses sosialisasi inilah, individu mengadakan penyesuaian dengan lingkungan sekitarnya. Namun tidak sedikit dari mereka yang mengalami kesulitan dalam melakukan penyesua ian sosial. Untuk menjalin hubungan yang baik, seorang individu dituntut memiliki kecerdasan emosional yang baik pula.
Pada dasarnya antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial saling berhubungan. Kecerdasan emosional merupakan himpunan bagian d ari kecerdasan sosial yang melibatkan kemampuan memantau perasaan dan emosi baik pada diri sendiri maupun pada orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kah tingkat kecerdasan emosional siswa akselerasi, bagaimana kah tingkat penyesuaia n sosial siswa akselerasi, serta mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan penyesuaian sosial pada siswa akselerasi SMUN 1 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan subyek penelitian siswa akselerasi SMUN 1 Malang yang be rjumlah 31 orang.
Pada penelitian ini diketahui bahwasanya kecerdasan emosional siswa akselerasi tergolong tinggi dengan persentase 45,16 %. Untuk tingkat penyesuaian sosial siswa akselerasi SMUN 1 Malang berada pada kategori tinggi dengan persentase 54, 84 %. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai rhit 0.810 dengan propabilitas 0.000.
Hasil penelitian ini menyatakan ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian sosial siswa akselerasi SMUN 1 Malang. Hal ini berdasarkan pada nilai rhit 0.810 dan nilai rtabel adalah 0.000. Berdasarkan taraf signifikansi 5 % r hitung dari hasil korelasi memiliki nilai rhit 0.810 > rtabel 0.000. Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional siswa, semakin tinggi pula tingkat penyesuaian sosial siswa akselerasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kecerdasan emosional; penyesuaian sosial; siswa akselerasi | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 09:43 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 09:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43978 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |