Fitria, Aghna Ogan (2007) Analisis pengaruh Ekuitas merek Teh Botol Sosro dan Fruit Tea terhadap keputusan Pembelian. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
01110203.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ekuitas merek merupakan aset perusahaan yang dapat menambah value pada produk dan pelayanan yang ditawarkan. Bahkan karena begitu kuatnya suatu merek, sehingga konsumen menjadi lebih mengenal merek daripada produsennya. Merek sebagai alat identifikasi dan referensi bagi konsumen untuk memudahkan proses pembelian. Hanya dengan menyebut suatu merek, maka konsumen akan mendapatkan pedoman, jaminan, keyakinan, bahwa dia akan terpuaskan. Kosumen memiliki kepedulian, penerimaan yang tinggi terhadap merek yang dipandang mempunyai ekuitas merek yang kuat. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian dilakukan bertujuan: untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek (Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek) baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian teh botol Sosro dan Fruit Tea dan variabel manakah dalam ekuitas merek yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian teh botol Sosro dan Fruit Tea.
Peneliti mengambil studi pada warung bakso Damas dan warung bakso Kota Cak Man Malang dengan pendekatan explanatory research, yang berupa data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner yang disebarkan.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi berganda, uji f, dan uji t untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian teh botol Sosro dan Fruit Tea. Dalam penelitian ini menggunakan kesignifikanan sebesar 5% sehingga dapat ditunjukkan variabel-variabel yang berpengaruh secara simultan dan parsial. Hasil analisis yang di peroleh adalah variabel Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas (X2), Asosiasi Merek (X3), dan Loyalitas Merek(X4) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian teh botol Sosro dan Fruit Tea(Y). Sedangkan secara parsial Kesadaran Merek (X1), dan Persepsi Kualitas (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian teh botol Sosro dan faktor yang secara parsial berpengaruh terhadap Fruit Tea adalah Faktor Kualitas (X2), Asosiasi Merek (X3), dan Loyalitas Merek (X4).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yuliana, Indah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Ekuitas Merek; Pembelian; Produk | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:11 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43975 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |