Aziz, Abdul (2010) Efektifitas penerapan saluran Distribusi harian pagi Malang Post di Malang Raya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03220136.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (444kB) |
Abstract
ABSTRAK
Setiap perusahaan barang dan jasa tidak akan terlepas dari masalah penyaluran barang yang dihasilkan. Para produsen berhak menentukan kebijaksanaan distribusi yang akan dipilih dan di sesuaikan dengan jenis barang serta luasnya armada penjualan yang akan digunakan. Jika perusahaan berada dalam persaingan yang semakin tajam, perusahaan harus segera mengadakan penelitian terhadap pasarnya. Penelitian pasar tersebut bertujuan untuk mengetahui kebutuhan serta selera konsumen dan jika mungkin menstimulir permintaan serta menciptakan agen baru. Suatu perusahaan dikatakan berhasil di dalam marketing apabila perusahaan tersebut dapat memasarkan barang- barangnya secara luas dan merata dengan mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Pada umumnya, kemacetan dalam mendistribusikan barang-barang dan jasa- jasa akan banyak menimbulkan kesulitaan baik dipihak agen maupun produsen. Kesulitan yang akan terjadi di pihak produsen meliputi terganggunya penerimaan penjualan sehingga target penjualan yang telah di tentukan tidak dapat terpenuhi. Hal ini akan menyebabkan arus pendapatan yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk melangsungkan kontinuitasnya tidak dapat diharapkan.
Oleh karena itu manajemen perusahaan dituntut untuk selalu bersikap tanggap dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan yang terus menerus terjadi dan memiliki pengaruh terhadap keadaan ekonomi perusahaan, karena itu perusahaan dituntut untuk menentukan saluran distribusi yang efektif. Penelitian ini dilakukan pada Harian Pagi Malang Post yang terletak di Jalan Sriwijaya No 1-9 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penerapan saluran distribusi Harian Pagi Malang Post.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif sedangkan jenis penelitianya menggunakan penelitian kualitatif. Dari analisis deskriptif berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di perusahaan, perusahaan Harian Pagi Malang Post dalam mendistribusikan produknya kurang begitu efektif karena kurangnya transportasi dalam pendistribusian, sedangkan dalam pendistribusiannya Harian Pagi Malang Post menggunakan beberapa tingkatan saluran distribusi, diantaranya adalah saluran distribusi langsung yaitu produsen langsung ke-konsumen. Disamping itu ada kerugian dengan sistem penjualan langsung ini yaitu produk yang dijual atau dipasarkan tidak dapat meluas pasarnya karena konsumen sebagian besar hanya berasal dari masyarakat sekitar.
Dan saluran distribusi tidak langsung yaitu produsen, agen, retailer, dan konsumen. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pendistribusian, mengefisienkan biaya distribusi, dan kesiapan armada distribusi. Dengan dilakukannya sistem tersebut maka diharapkan proses distribusi dapat berjalan dengan maksimal.
ABSTRACT
Each company's goods and services will not be apart from the problem of distribution of goods produced. The manufacturer reserves the right to determine distribution policy which will be selected and adjusted with the type of goods as well as the extent of a sales force that will be used. If the firm is in the increasingly sharp competition, companies must immediately conduct a study of its market. Market research aims to identify the needs and tastes of consumers and, if possible, stimulating demand and creating new agents. An establishment is successful in marketing if the company can market the stuff widely and evenly with a maximum benefit.
In general, the bottlenecks in distributing goods and services will cause a lot of good kesulitaan on the part of agents and producers. Difficulties that would occur in the producer include disruption of the sales revenue that has been in the sales targets set could not be fulfilled. This will cause the flow of revenue needed by the company to establish continuity can not be expected.
Therefore, the management company is required to always remain responsive in adapting to continuous environmental change occurs and has effects on the economic state of the company, because that company is required to determine the effective distribution channels. This research was conducted in Malang Daily Morning Post, located at Jalan Sriwijaya No. 1-9 Malang. This study aims to determine effectiveness of implementation of distribution channels Malang Daily Morning Post.
The method used in this research is descriptive method, whereas the type penelitianya using qualitative research. From the descriptive analysis based on research that was conducted at the company, the company Malang Daily Morning Post in distributing their products less effective because of lack of transportation in the distribution, while in Malang Morning Post Daily distribution using multiple levels of distribution channels, including direct distribution channel is direct to producers -consumers. In addition there are losses with this system of direct sales of products sold or marketed can not expand its market because most consumers only from the surrounding community.
And indirect distribution channels ie producers, agents, retailers, and consumers. This was done to facilitate the distribution, streamline distribution costs, distribution and fleet readiness. With this system, we hope the process can run with the maximum distribution.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | efektifitas saluran distribusi harian pagi malang post; distribution channel effective malang daily morning post | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 15:11 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 15:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43973 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |