Acdha, Bastomy Saifullah (2009) Pengaruh kekuatan internal dan eksternal terhadap keputusan pembelian Konsumen di Mayang Collection Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03220071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sangat dipengaruhi oleh dua kekuatan tertentu yaitu kekuatan internal dan kekuatan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kekuatan internal dan eksternal ( gaya hidup, motivasi, dan kelompok referensi ) terhadap keputusan pembelian konsumen di Mayang Collection Malang baik secara simultan ataupun parsial, serta untuk mengetahui indikator diantara kekutan internal dan eksternal mana yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di Mayang Collection Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekuatan internal dan eksternal ( gaya hidup, motivasi, dan kelompok referensi ) terhadap keputusan pembelian konsumen di Mayang Collection Malang. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk menguji sampel dalam penelitian ini sebanyak 114 responden dengan penentuan sampel menggunakan dua teknik, yaitu : accidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan internal dan eksternal ( gaya hidup (X1), motivasi (X2), dan kelompok referensi (X3) ) berpengaruh secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di Mayang Collection Malang. Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung sebesar 38,678 F tabel sebesar 2,68 dengan nilai signifikasi p = 0,000 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diketahui 0,500 atau sebesar 50,0%. Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial, indikator gaya hidup (X1) nilai t hitung sebesar 2,105 nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,038 0,05 berpengaruh signifikan, indikator motivasi (X2), nilai t hitung sebesar 4,066 nilai t tabel
1,980 dan nilai p = 0,000 0,05 berpangaruh signifikan, indikator kelompok referensi (X3), nilai t hitung sebesar 6,906 nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,000 0,05 berpengaruh signifikan. Untuk indikator diantara kekuatan internal dan eksternal yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) adalah indikator kelompok referensi (X3) yaitu memiliki nilai rata-rata sebesar 0,2735 dengan kontribusi 27,35%.
ABSTRACT
A consumers’ decision to buy a product is strongly influenced by two certain forces, namely internal and external forces. The variabeles in this research life style, motivation, and reference group. The research is aimed at knowing the influence of variabeles life style, motivation, and reference group to consumers’ decision to buy at Mayang Collection Malang either simultaneously or partially, and at knowing the indicators of which variable that has a dominant influence to the consumers’ decision to buy at Mayang Collection of Malang.
This is research is an explanatory research, which aimed at knowing The Influence of Life Style, Motivation, and Reference Group to consumers Decision to buy at Mayang Collection Malang. To know it, this research use regression analysis of double linier done by using F and T tests. The sample in this research consists’ of 114 respondents taken by is using methods: accidental sampling methods. The method of data collecting used are questionnaire and documentation. Consumers decision the techniques used for testing the instruments are validity and reliability test.
The result of research shows that indicators used life style (X1), motivation (X2), and reference group (X3) simultaneously and partially have a significant influence to the consumers’ decision buy (Y) at Mayang Collection of Malang. The value of obtained from the F test is F, and 38,678 > F table, is 2, 68 by a significant percentage p = 0,000<_ 0,05. In addition, the grade of Adjusted R Square is 0,500 or 500%. The t test's result partially, indicator life style (Xl) the value of t test is 2,105 ? the value at the t table is 1,980 and value of p = 0,038 <_ 0,05 value significantly influence, indicator of motivation (X2), value of t hitung is 4,066 >_ value of t table 1980 and the value of p =0,000 <_ 0,05 are significant influence, the indicator of reference group (X3), the value of t hitng a 6,906 >_ value of t table is 1,980 and the value of p =0,000 <_ 0,05 a significant influence. Indicator that dominantly influence consumer decision to buy (Y) is the indicator of reference group (X3) that achieves 0,2735 by contribution of 27,35%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Gaya Hidup; Motivasi; Kelompok Referensi dan Keputusan Pembelian; Life Style; Motivation; Reference Group and Buying Decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2023 12:02 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2023 12:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43954 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |