Sulthoni, Muhammad (2010) Analisis pengaruh Atribut Produk Honda terhadap Loyalitas Konsumen: Studi pada PT. Federal International Finance kawasan Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03220036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (595kB) |
Abstract
ABSTRAK
Dalam dunia marketing, strategi pemasaran merupakan hal penting. Hal ini tentu menuntut peran aktif para pemasar agar bisa menciptakan strategi pemasaran yang inovatif dan efektif untuk meraih konsumen. Strategi pemasaran yang tepat akan menguntungkan perusahaan karena akan bisa menciptakan loyalitas konsumen. Honda merupakan salah satu merek sepeda motor yang melakukan strategi multi-branding, yaitu strategi peluncuran produk baru dengan atribut baru dalam satu kategori merek induk yang sama. Tingkat penjualannya mengalami trend kenaikan dari tahun ke tahun. Trend kenaikan tersebut terutama terjadi di Kawasan Probolinggo, Jawa Timur.
Penelitian ini menganalisis pengaruh strategi multi-branding Honda dengan atribut produk barunya yang terdiri dari kualitas (X1), keiritan bahan bakar (X2), desain produk (X3), pelayanan (X4), dan harga (X5) terhadap loyalitas konsumen (Y). Model analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Sebelumnya, dilakukan pengujian validitas dan reliabelitas, beserta uji asumsi klasik terhadap data penelitian.
Hasil pengujian menggunakan regresi linear berganda dengan uji F menghasilkan kesimpulan bahwa diantara kelima variabel atribut produk yang diikutkan dalam model, yaitu kualitas (X1), keiritan bahan bakar (X2), desain produk (X3), pelayanan (X4), dan harga (X5), hanya tiga diantaranya yang memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y). Ketiga variabel tersebut adalah kualitas (X1), keiritan bahan bakar (X2), dan pelayanan (X4). Ketiga variabel tersebut memiliki nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, atau dengan kata lain nilai t-hitungnya lebih besar dari t tabel yang sebesar 1,984. Hasil pengujian secara parsial menyimpulkan bahwa keiritan bahan bakar (X2) merupakan variabel yang pengaruhnya paling dominan terhadap loyalitas konsumen (Y). Hal ini terlihat dari nilai t hitung yang lebih besar dibandingkan t hitung dua variabel lainnya, yaitu sebesar 4,932.
ABSTRACT
In the world of marketing, marketing strategy is crucial. This course requires the active role of marketers in order to create innovative marketing strategies and effective way to reach consumers. Appropriate marketing strategy would benefit the company because it will be able to create customer loyalty. Honda is one of the motorcycle brand to a multi-branding strategy, the strategy of launching new products with new attributes in a single category of the same parent brand. The level of sales experienced an increase trend from year to year. Trend is especially true in the area Probolinggo, East Java.
This study analyzes the influence of multi-branding strategy of Honda with its new product attributes of quality (X1), keiritan fuel (X2), product design (X3), services (X4), and the price (X5) customer loyalty (Y) . Analysis model used was multiple linear regression. Previously, testing the validity and reliabelitas, along with the classic assumption test of research data.
Test results using multiple linear regression with the F test result in the
conclusion that among the five variables that product attributes included in the models, namely quality (X1), keiritan fuel (X2), product design (X3), services (X4), and the price (X5 ), only three of which have a significant influence on customer loyalty (Y). The third variable is the quality (X1), fuel keiritan (X2), and services (X4). Three variables have a significance value smaller than 0.05, or in other words t-counted value is greater than t tables of 1.984. This partial test results concluded that the fuel keiritan (X2) is the variable most dominant influence on customer loyalty (Y). This can be seen from the calculated t value greater than t count the two other variables, namely for 4,932.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengaruh; loyalitas konsumen; atribut produk; influence; customer loyalty; product attributes | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 15:07 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 15:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43953 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |