Supa'at, Supa'at (2007) Analisis penilaian konsumen terhadap Kualitas Pelayanan pada Hotel "Graha Cakra" Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
00220049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (850kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Hotel Graha Cakra merupakan salah satu hotel berbintang yang sudah lama berdiri di kota malang. dan didirikan dengan tujuan bisnis diantaranya meningkatkan volume penjualan kamar, meningkatkan jasa pelayanan, serta memperkuat posisi perusahaan didalam persaingan usaha jasa perhotelan. Seiring berkembangnya dunia usaha pariwisata, serta menjamurnya hotel-hotel berbintangdi kota malang . maka perlu dilakukan evaluasi terhadap penerapan kualitas pelayanan yang terdiri Tangibel, Realibel, Responsivenes, Assurance, Emphaty. yang sudah di berikan oleh perusahan terhadap konsumen agar nantinya diketahui apa yang perlu diperbaiki dan dibenahi karena hotel graha cakra berproses menjadi hotel berbintang empat. Ini merupakan salah satu strategi, Karena kualitas pelayanan sangat penting terhadap kelangsungan perusahan bila konsumen merasa puas dengan pelayanan hotel mereka akan mengunjungi lagi hotel tersebut dan akan memberitahukan pada orang lain, menurut penelitian (PIMS, usahawan, 1997 : 17) menunujukan adanya korelasi yang kuat antara kualitas pelanyana deengan pangsa pasar dengan kata lain sebagai factor yang mendongkrak pangsa pasar.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan diskriptif kuantitatif yang bertujuan umtuk mengetahui penerapan variable kualitas pelanyanan yang terdiri Tangibel, Realibel, Responsivenes, Assurance, Emphaty.yang di berikan perusahan terhadap konsumen. Dan teknik analis data dengan mengunakan uji validitas dan realibilitas serta Importance-Performen Analisis mengetahui tentang pendapat konsumen terhadap kinerja perusahaan.
Dari hasil analisis Importance-Performen Analisis dengan mengunakan diagram kartesius dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang sudah di berikan oleh pihak hotel itu sudah bagus, itu di tunjukan dengan 1 item dari 18 item yang kinerjanya harus di tingkatkan karena konsumen menganggap unsur jasa ini sangat penting tapi pelaksanaan belum sesuai dengan harapan konsumen. Dan ada 8 item unsur jasa sudah sesuai dengan harapan konsumen, pihak hotel harus mempertahankanya karena sudah sesuai dengan apa yang konsumen harapankan dan 9 item unsur jasa lainya, konsumen menganggap pelaksanaanya biasa-biasa saja dan perusahan sudah melakukanya dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Diana, Ilfi Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kualitas pelayanan; Importance-Performe -Analisis | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2023 12:01 | ||||||
Last Modified: | 27 Sep 2023 13:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43945 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |