Umam, Ayik Munjidul (2009) Penerapan Marketing Mix produk susu segar Di Koperasi ”DAU” Sengkaling Malang: Tinjauan aspek distribusi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03220042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam dunia industri, banyak perusahaan yang berhasil mencapai tingkat kinerja tinggi, bahkan tumbuh dalam lingkungan yang semakin berkembang. Perkembangan teknologi di bidang industri memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan industri di indonesia khususnya industri pengolahan susu. Sebagai produk yang mudah mengalami kerusakan, maka susu memerlukan pengolahan untuk dapat memperpanjang masa simpanya salah satu dengan cara mengawetkan susu dengan pasteurisasi. Alasan pemilihan koperasi DAU sebagai lokasi penelitian karena tertarik dengan produksi susu yang dihasilkan oleh koperasi DAU dan melihat dari latar belakang koperasi DAU, bauran pemasaran yang meliputi product, price, promotion, place telah diterapkan dengan baik di koperasi DAU.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif sedangkan jenis penelitianya mengunakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui peranan koperasi DAU dalam mempromosikan produknya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui marketing mix produk susu segar yang dilakukan koperasi DAU, yaitu dengan produk, harga, distribusi, promosi. Dengan begitu bisa tahu marketing mix yang dilakukan koperasi DAU dalam mempromosikan produknya.
Strategi pemasaran yang tepat dengan Marketing mix yang dilakukan koperasi DAU agar produk lebih dikenal masyarakat luas sehingga akan meningkatkan volume penjualan yang berpengaruh pada peningkatan pendapatan perusahaan. Strategi promosi yang diterapkan oleh koperasi DAU antara lain: pertama melaui media periklanan, brosur, media televisi, radio, serta bungkus dari kemasan susu itu sendiri. kedua promosi penjualan yaitu dengan memberikan pernak-pernik kepada konsumen atau pelanggan yang membeli produk susu segar. Yang ketiga melalui penjualan tatap muka yaitu dengan memberikan informasi tentang potongan harga kepada konsumen satu ke konsumen yang lain. Keempat hubungan masyarakat dengan menjadi sponsor dalam kegiatan kemasyarakatan. Dan yang kelima pemasaran langsung yaitu dengan menggunakan jasa telepon, fax-email, e-mail untuk memesanya.
ABSTRACT
In the industrial field, there are many successful companies that can reach a high performance level, even if they grow in a developed environment. The growth of technology in this field gives a positive impact on the growth of industry in Indonesia especially for milk manufacture industry. As a fragile product, milk needs to be processed in order to lengthen its storage period. One of the best ways to processed it is through preserving milk with fresh milk. The reason of choosing DAU Cooperative as the research location is because the researcher interested in the dairy product of DAU Cooperative, the marketing system that include product, price, promotion, and place have been applied well.
The method used in this research is qualitative research method. This research is a descriptive research which is done to figure out the role of DAU Cooperative in promoting its products. The objective of this research is to find out the marketing mix of Fresh milk products in DAU Cooperative that consists of product, price, distribution, and promotion. Therefore, we can be able to know the marketing mix done by DAU Cooperative in promoting its products.
The exact marketing strategy is Marketing mix activity which is done by DAU Cooperative so that its products will be well known by people. Consequently, it will increase the selling of products which will influence the increase of company income. The first promotion strategies applied by DAU Cooperative are through advertisement media, brochure, television, radio, and the wrap of milk sachet itself. The second selling promotion is through giving small beads for consumers or customers who are buying Fresh milk products. The third selling promotion is through face-to-face selling. This strategy is done by giving information about discount price to one consumer to others. The fourth strategy is coming into society by becoming a sponsor in certain events. The last strategy is direct marketing which is done using phone service, fax-email, or e-mail for ordering products.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Marketing Mix; Produk Susu Segar; Fresh Milk Dairy Product; Marketing Mix | ||||||
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2023 12:01 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2023 12:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43940 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |