Sya’roni, Sya’roni (2007) Pengaruh Marketing Mix terhadap Partisipasi anggota pada Primkopad (Primer Koperasi Angkatan Darat ) Depo Pendidikan Kejuruan Rindam V Brawijaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
00220027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (376kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Koperasi Primkopad Dodikjur Rindam V Brawijaya bertujuan memajukan kesejahteraan anggotanya pada khususnya dan masyarakat pada khususnya. Guna mencapai tujuan tersebut, koperasi membutuhkan strategi yang dapat digunakan adalah strategi marketing mix. Hendar dan Kusnadi (1999 : 65) menyatakan bila koperasi mampu memberikan pelayanan dengan penerapan strategi marketing mix yang sesuai dengan kebutuhan anggota lebih besar dari pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasi akan semakin meningkat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap partisipasi anggota secara parsial dan simultan di Primkopad Dodikjur Rindam V Brawija.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan deskriptif kuantitatif dengan alat analisa regresi linier berganda, uji t (partial) dan uji F (simultan).
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa marketing mix mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi anggota. Secara simultan variabel produk, harga dan distribusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi anggota, karena nilai f hitungnya lebih besar dari F tabel (23,972 < 4,05). Secara parsial variabel harga dan distribusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi anggota karena mempunyai t hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel, dengan nilai berturut-turut sebagai berikut : 2,255 ; 4,456 > 2,01. sedangkan variabel produk tidak berpengaruh terhadap partisipasi anggota karena nilai t hitungnya lebih kecil dibandingkan dengan nilai t tabel ( 1,485 < 2,01 ). Dari ketiga variabel independen yang mempunyai pengaruh paling dominan adalah variabel distribusi karena mempunyai t hitung yang paling besar dibanding t hitung yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Alamsyah, Ahmad Fahrudin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Marketing Mix; Partisipasi Anggota | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2023 12:03 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2023 12:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/43912 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |